//

KANDUNGAN FRAKSI SERAT KASAR COMPLETE FEED BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALFI SYAHRIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

KANDUNGAN FRAKSI SERAT KASAR COMPLETE FEED BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBEDA Oleh: ALFI SYAHRIN 1305004010014 ABSTRAK Pakan merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang pengembangan usaha peternakan disamping faktor lainnya seperti genetik ternak, pengendalian penyakit dan manajemen pemeliharaan. Limbah pertanian dan industri pertanian dapat digunakan sebagai pakan ternak, namun karena kandungan nutrisi dan daya cerna yang rendah perlu dilakukan pengolahan pakan seperti melalui fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisik dan kandungan fraksi serat kasar, ADF dan NDF dari complete feed berbasis ampas sagu yang difermentasi dengan kadar air berbeda. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala mulai dari April sampai dengan Juni 2016. Adapun perlakuan dalam peneltian ini adalah kandungan kadar air pada bahan fermentasi yaitu perlakuan A (30% kadar air dalam complete feed), B (40% kadar air dalam complete feed), C (50% kadar air dalam complete feed) dan D (60% kadar air dalam complete feed). Hasil pengamatan menunjukkan bahwa fermentasi complete feed dengan kadar air 40% dan 50% dari bahan pakan menunjukan hasil yang terbaik dilihat dari warna, bau dan tekstur. Demikian juga untuk nilai NDF, dimana pada kadar air 40% dan 50% dari bahan pakan terjadi penurunan NDF dibandingkan dengan kontrol. Sementara nilai ADF pada perlakuan kontrol terjadi penurunan yang cukup signifikan karena sebagian dari fraksi serat masih dalam bentuk hemiselulosa. Kata Kunci : Complete feed, Ampas Sagu Kadar Air, Serat Kasar, ADF dan NDF

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUALITAS NUTRISI PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR YANG BERBEDA (Cut Risna , 2016)

STUDI NILAI NUTRISI FERMENTASI COMPLETE FEED BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN LEVEL INOKULAN BERBEDA LAPORAN TUGAS AKHIR (ABDILLAH, 2018)

KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBERDA (Rauzatul Jannah , 2016)

PENINGKATAN NILAI NUTRISI AMPAS SAGU MELALUI FERMENTASI MENGGUNAKAN ASPERGILLUS NIGER DENGAN PENAMBAHAN SUMBER KARBOHIDRAT TERLARUT YANG BERBEDA (nazaruddin, 2013)

EVALUASI FRAKSI SERAT KASAR KULIT KOPI YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN SUMBER INOKULAN KOMERSIL BERBEDA (Harianto Arbi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy