//

KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBERDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzatul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT BERBASIS BAHAN SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBEDA Oleh: RAUZATUL JANNAH 1305004010004 ABSTRAK Pakan merupakan faktor utama dalam menunjang pengembangan usaha peternakan, yang harus tersedia secara terus-menerus. Namun ketersediaan lahan pengembalaan semakin hari semakin berkurang merupakan faktor pembatas penyediaan bahan pakan ternak. Usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi keterbatasan pakan ternak di Indonesia khususnya Aceh adalah dengan memanfaatkan limbah pertanian dan industri pertanian yang selama ini tidak dimanfaatkan secara optimal sebagai pakan ternak salah satunya yaitu ampas sagu. Penggunaan ampas sagu sebagai bahan pakan sangat terbatas karena rendahnya kualitas nutrisi ampas sagu dan tingginya kandungan serat kasar, yang berakibat rendahnya daya cerna. Peningkatan kualitas nutrisi ampas sagu dapat dilakukan dengan pengolahan secara fermentasi dalam bentuk pakan komplit (pakan lengkap). Tujuan dari tugas akhir (TGA) ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi nilai kecernaan in vitro pada pakan komplit fermentasi berbasis ampas sagu dengan kadar air awal substrat yang berbeda. Hasil pengamatan menunjukkan, nilai KcBK dan KcBO tertinggi didapatkan pada kadar air awal 30%, yaitu masing-masing 81,54% dan 80,37% yang diikuti dengan pH terendah (6,72). Sedangkan pada peningkatan kadar air awal mulai 40% nilai KcBK dan KcBO mulai menurun dan diikuti meningkatnya nilai pH. Hasil ini menunjukkan bahwa kadar air 30% merupakan kadar air optimal untuk fermentasi pakan komplit berbasis ampas sagu. Kata Kunci : Ampas sagu, pakan komplit, fermentasi, kadar air, kecernaan in vitro

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUALITAS NUTRISI PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR YANG BERBEDA (Cut Risna , 2016)

EVALUASI KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT FERMENTASI BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN LAMA PEMERAMAN YANG BERBEDA (zubaili, 2017)

KANDUNGAN FRAKSI SERAT KASAR COMPLETE FEED BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBEDA (ALFI SYAHRIN, 2016)

EVALUASI KECERNAAN IN VITRO PAKAN LENGKAP FERMENTASI BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN LEVEL INOKULAN YANG BERBEDA (AGUS IQBAL, 2018)

KECERNAAN IN VITRO AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN ASPERGILLUS NIGER DENGAN PENAMBAHAN SUMBER KARBOHIDRAT YANG BERBEDA (Dewi Walchamarani Br Purba, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy