//

ANALISIS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH BILANGAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faradita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sari, Faradita. 2016. Analisis Strategi Pemecahan Masalah Bilangan oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Suhartati, S.Pd., M.Pd., (2) Dr. Cut Morina Zubainur, M.Pd. Kata kunci: strategi, pemecahan masalah, bilangan Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika. Kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam matematika SMP salah satunya adalah mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan . Seorang siswa harus memiliki strategi dalam menyelesaikan soal matematika yaitu strategi pemecahan masalah. Dalam menentukan strategi pemecahan masalah seharusnya siswa dapat memilih strategi yang sesuai dengan permasalahan untuk membantu siswa menyelesaikan soal dengan cepat dan benar. Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah bilangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan instrumen tes tertulis dan wawancara kepada siswa dan guru. Tes tertulis diberikan kepada 24 siswa, kemudian wawancara kepada siswa dipilih berdasarkan perwakilan dari strategi yang dominan digunakan siswa, sedangkan wawancara kepada guru digunakan untuk menggali informasi mengenai proses pemecahan masalah siswa selama proses belajar. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi dominan yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan yaitu menggunakan strategi membuat gambar atau diagram (22,92%). Secara rinci strategi yang digunakan siswa adalah mencoba-coba (11,46%), membuat gambar atau diagram (22,92%), menemukan pola (12,50%), berpikir logis (17,71%) dan 0% untuk strategi mencobakan soal yang lebih sederhana dan memperhitungkan setiap kemungkinan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH (BARIATUL HASINA, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Putri Ariyadi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)

STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERKAIT MAKNA BILANGAN (NUMBER SENSE) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy