//

HUBUNGAN PENGARUH PERUBAHAN FISIK PADA WANITA MENOPAUSE TERHADAP KONDISI PSIKOLOGI DI UNIT PELAKSANA TEKNISDINAS RUMOH SEUJAHTERAGEUNASEH SAYANG ULEEKARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bustanil Fadli - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Menopause adalah hal yang alami yang terjadi pada setiap wanita. Istilah menopause berarti masa berhentinya menstruasi yang dialami wanita antara usia 40-60 tahun. Masa ini adalah tahap normal kehidupan.Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional study, dengan waktu ukur. Pengukuran atau Observasi data variable independen dan dependen dinilai hanya satu kali pada saat atau dinilai secara simultan suatu saat. Sampel dalam penelitian ini adalah wanita lansia yang menopause yang ada di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee kareng Banda Aceh berjumlah 55 orang. Kondisi psikologi diukur dengan menggunakan kuesioner Psychometric Properties of The Depression Anxiety Stress Scale 28 (DASS 28). Dan perubahan fisik dinilai dengan menggunakan kuesioner dari penelitian sebelumnya berdasarkan teori.Hasil: Hasil penelitian didapatkan dengan kuesioner DASS Kecemasan sebanyak 9,1% responden memiliki tingkat kecemasan normal, 10,9% kecemasan ringan, 25,5% kecemasan sedang, 34,5% kecemasan parah dan 20,0% kecemasan responden sangat parah. Hasil penelitian didapatkan dengan kuesioner DASS depresi sebanyak 20,0% responden memiliki tingkat kecemasan normal, 12,7% kecemasan ringan, 12,7% kecemasan sedang, 47,3% kecemasan parah dan 7,3% kecemasan responden sangat parah.Simpulan: Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara DASS kecemasan dengan perubahan fisik dengan p value 0,027. Hasil uji Chi- Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara DASS depresi dengan perubahan fisik dengan p value 0,030. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara antara kedua variabel.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANGRNMENOPAUSE DI KELURAHAN ATEUK PAHLAWANRNKOTA BANDA ACEH (NURUL HAKIKI, 2015)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA WANITA MENOPAUSE YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI BANDA ACEH (Meira Rizki, 2016)

HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN STRES PADA LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2014 (leni noviani, 2014)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN TINGKATRNKECEMASAN MENOPAUSE PADA WANITA YANG BEKERJA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2013 (Ikhsan, S. Kep, 2014)

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS(UPTD)RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2014 (Gusti Sri Vantona, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy