//

PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK OLEH GURU IPA DI SMP/MTS NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gita Ariyani Nasution - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ariyani, Gita. 2016. Penerapan penilaian autentik oleh guru IPA di SMP/MTs Negeri Se-Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Susilawati, S.Pd, M.Ed., (2) Drs. Ngadimin, M.Si. Kata kunci: Penerapan, Guru IPA, Penilaian Autentik Permasalahan dalam penelitian ini adalah penilaian autentik dianggap sulit oleh guru yang sebenarnya sudah ada dalam kurikulum sebelumnya, beberapa guru sudah tahu penilaian autentik secara teori akan tetapi kurang paham dalam menerapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian autentik oleh guru IPA di SMP/MTs Negeri se-kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dimana peneliti menyebarkan angket kepada guru bidang studi IPA dan wawancara terhadap beberapa guru IPA. Sumber data penelitian ini adalah 20 orang guru IPA yang tersebar di berbagai SMP/MTs Negeri kota Banda Aceh yaitu SMP Negeri 1 Banda Aceh, SMP Negeri 2 Banda Aceh, dan SMP Negeri 18 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak semua guru mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik di sekolah, karena sebagian besar (68%) guru IPA di SMP/MTs Negeri Se-Kota Banda Aceh telah menerapkan penilaian autentik di masing-masing sekolah. Pada tahap kesiapan penilaian autentik sebagian besar (73,5%) guru sudah menerapkan dan berjalan lancar dengan baik diantaranya guru dapat menghimpun informasi peserta didik, memilih teknik yang bervariasi, dan melakukan ulangan harian, tengah semester, dan akhir semester. Pada perencanaan penilaian (56,6%) masih ditemukan beberapa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dimiliki oleh guru tidak terdapat rencana penilaian yang jelas, seperti kisi instrumen soal, instrumen soal, dan pedoman penskroran. Sedangkan pada pelaksanaan penilaian autentik sebagian besar (74,5%) guru melakukan penilaian saat pertemuan jam pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 OLEH GURU KIMIA DI SMA NEGERI BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 (Zulfathur Rifka, 2017)

KENDALA GURU PADA PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKSPONEN DAN LOGARITMA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 (Siti Maghfirah, 2015)

KENDALA GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (IMAM MAULIANDA, 2018)

PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD GUGUS MARKISA KOTA BANDA ACEH (Nurmutiya, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy