//

NEGARA YANG TAK BERDAYA (ANALISIS NARATIF UPAYA PEMBERANTASAN NARKOBA DALAM LIPUTAN ‘TANGAN GODFATHER DI KAMPUNG AMBON’ PADA MAJALAH TEMPO)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Taufik - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Negara Yang Tak Berdaya (Analisis Naratif Upaya Pemberantasan Narkoba dalam Liputan ‘Tangan Godfather di Kampung Ambon’ pada Majalah Tempo)”. Naskah ini menggambarkan potret buram upaya pemberantasan narkoba di Kampung Ambon, sebuah kawasan yang merujuk kepada Kelurahan Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat. Dengan letaknya di ibukota Indonesia, kondisi ini dianggap dapat menggambarkan carut-marut pemberantasan narkoba di negeri ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana narasi Majalah Tempo dalam memberitakan upaya pemberantasan narkoba di Kampung Ambon. Adapun metode yang digunakan adalah metode analisis naratif, mengacu pada paradigma berpikir kontruktivis serta menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Dalam penelitian ini, terdapat enam komponen analisis, meliputi story vs. plot, struktur narasi, fungsi dan karakter narasi, posisi narator, intertekstualitas, dan oposisi biner. Unit analisis dan objek penelitian yang digunakan adalah naskah berjudul “Tangan Godfather di Kampung Ambon” yang ditayangkan dalam Majalah Tempo Edisi 7-13 Mei 2012. Hasil kajian teks ini menunjukkan narasi kekalahan negara dalam upaya pemberantasan narkoba di Kampung Ambon. Tempo melihat negara yang diwakili oleh kepolisian sebagai pihak yang kalah dan tak berdaya dalam upaya untuk memutus mata rantai surga narkoba di kawasan ini. Hal itu tampak dari cerita tentang keberadaan kelompok mafia narkoba yang terus awet hingga bertahun-tahun, mampu melakukan regenerasi dengan baik, serta berkerja dalam sistem yang solid, terstruktur, dan tertata rapi. Di sisi lain, dalam narasi tempo, perangkat hukum justru terjebak dalam kekacauan internal yang disusupi oleh oknum aparat nakal yang terlibat serta melindungi bisnis haram di kawasan tersebut. Kata kunci: Analisis naratif, Kampung Ambon, Pemberantasan Narkoba, Majalah Tempo.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SYARIAT ISLAM DI ACEH DALAM LIPUTAN KHUSUS MAJALAH TEMPO (ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH) (TEUKU RAJA MUDA DHARMA BENTARA, 2015)

KONSTRUKSI PESAN DARI POLRESTA BANDA ACEH DALAM UPAYA PEMBERANTASAN NARKOBA DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Nazibullah, 2017)

PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH SISWA SMA SERTA PENANGGULANGNYA(STUDI KASUS PADA SISWA SMA KOTA B.ACEH) (Ahmad Muhazir, 2013)

ANALISIS UNSUR GERAK TARI SEUDATI (Firda Lena, 2018)

PERAN KEPOLISIAN DAN KECAMATAN DALAM PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (STUDI DI KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR) (MUHAMMAD YASSIR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy