//

PERANCANGAN RAPID DENGUE ASSESSMENT FORM BAGI PETUGAS SURVEILANS PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diana Maya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah suatu penyakit febris-virus akut yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia. Saat ini DBD merupakan penyakit endemik di Kota Banda Aceh yang dipantau melalui Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap DBD dilakukan oleh tim surveilans puskesmas dengan menggunakan formulir PE dan formulir kejadian luar biasa (W1) dan wabah (W2). Namun pelaporan dan pencatatan terkendala oleh terbatasnya pengisian terhadap penderita. Pada formulir PE hanya mencantumkan pencatatan terhadap komunitas tanpa mempertimbangkan lokasi penderita mendapatkan gejala awal terhadap gigitan nyamuk dan kemungkinan tindakan medis lainnya. Tujuan penelitian ini adalah merancang suatu formulir pencatatan dan pelaporan Rapid Dengue Assessment Form yang dapat mengakomodir kebutuhan penghitungan cepat bila terjadinyanya kasus KLB DBD. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode research dan development melalui metode deskriptif dengan proses induktif. Metode pengumpulan data melalui FGD pada kelompok surveilans epidemiologi, promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, dan dokter umum. Dengan teknik Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) memaparkan sebuah pelaporan Penyelidikan Epidemiologi yang dibandingkan dengan rancangan Rapid Dengue Assessment Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menyepakati rancangan formulir baru sebagai alat bantu pencatatan dan pelaporan DBD dengan beberapa modifikasi formulir Penyelidikan Epidemiologi yang sudah dipergunakan selama ini. Diharapkan formulir baru dengan nama Rapid Dengue Assessment Formini nantinya dapat dipergunakan oleh petugas surveilans epidemiologi untuk memudahkan kerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMADAM WILAYAH KEBAKARAN KOTA BANDA ACEH (Fajar Wahyudi, 2013)

ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN PEDULI REMAJA (PKPR) DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Novi Afrianti, 2017)

HUBUNGAN PEMBAGIAN DANA KAPITASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DAN MOTIVASI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KINERJA DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALLAM BANDA ACEH (Ridwan, 2016)

PERANCANGAN ALPIKASI LOKASI PUSKESMAS DAN KLINIK BERBASIS ANDROID DI KOTA BANDA ACEH (BUSRALHADI, 2017)

HUBUNGAN GOLONGAN DARAH ABO TERHADAP INFEKSI VIRUS DENGUE (Achmad Kurniawan Almi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.