//

MANAJEMEN REDAKSI SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA DALAM MENJAGA LOYALITAS PEMBACA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Azvira - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul dari penelitian ini adalah “Manajemen Redaksi Surat Kabar Serambi Indonesia Dalam Menjaga Loyalitas Pembaca”. Penelitian ini diteliti karena surat kabar Serambi Indonesia merupakan salah satu media cetak lokal yang menjadi kepercayaan masyarakat Aceh. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksi surat kabar redaksi Serambi Indonesia dalam menjaga loyalitas pembaca. Teori yang digunakan adalah teori fungsionalisme yang dikategorikan dalam teori organisasi klaksik yang mana dikemukakan oleh Henry Fayol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semistruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Wawancara tersebut dilakukan pada 5 informan pihak internal redaksi surat kabar Serambi Indonesia dan 3 informan yang berlangganan serta membaca surat kabar Serambi Indonesia. Informan penelitian pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive yaitu teknik yang mencakup orang-orang yang diseleksi atas dasar-dasar kriteria tertentu yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian manajemen redaksi surat kabar Serambi Indonesia dalam menjaga loyalitas pembaca berjalan dengan baik sesuai dengan standar manajemen redaksi dalam memproduksi materi pemberitaan yang berkualitas. Manajemen yang diterapkan dalam kegiatan surat kabar Serambi Indonesia secara 5 fungsi proses manajerial meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), memerintah (commanding), pengkoordinasian (coordinating) dan pengendalian (controlling). Selain hal tersebut dalam menjaga loyalitas pembaca Serambi Indonesia melakukan upaya adanya program undian berhadiah dibawah organizent event, menjaga mata rantai distribusi ketibaan surat kabar, mempertahankan harga, menjaga rasio antara berita dan iklan, mendesain halaman pertama tiap rubrik dengan desain warna dan didukung foto yang eye catching, dan melakukan sistem cross media yaitu sebuah sistem yang menyatukan pembaca dengan kombinasi media lainnya seperti dengan radio Serambi dan Kompas Tv. Kata Kunci: Manajemen Redaksi, Serambi Indonesia, Loyalitas Pembaca

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN REDAKSI SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA DALAM MENENTUKAN HEADLINE NEWS (M. Aidi, 2017)

PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015) (Chaerol Riezal , 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMAN 16 BANDA ACEH MEMAHAMI AKRONIM DALAM SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA (Faizal , 2014)

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN 5 WHY PADA PT ACEH MEDIA GRAFIKA (Fitriana Risna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy