//

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Izzati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: motivasi, hasil belajar, model pembelajaran snowball throwing. Motivasi belajar merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Lemahnya motivasi atau tiadanya motivasi belajar akan melemahkan kegiatan belajar dan hasil belajar. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan motivasi adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing membuat siswa lebih siap dan semangat dalam menjawab pertanyaan dengan penyajian permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Peneliti mengangkat masalah apakah motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran snowball throwing pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajar snowball throwing pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one-shot case study. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak yaitu kelas X IPA 4 di SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh dengan jumlah anggota sampel 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes dan angket. Persamaan regresi yang didapat dari hasil perolehan data yaitu Ŷ= 0,86X - 14,72. Hasil uji linieritas yang menunjukan Fhitung sebesar 0,76 lebih kecil dari Ftabel sebesar 2,07 sehingga dapat dinyatakan persamaan regresi merupakan model regresi linier. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment dengan hasil 0,56 dan koefisien determinasi 31,81% yang artinya hasil belajar 31,81% ditentukan oleh motivasi dan 68,19% ditentukan oleh faktor lain. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan dk = 26 diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,484 > 2,056. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan positif motivasi terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran snowball throwing pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNETIK DI KELAS XII-IA2 SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (sri wahyuni, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy