//

PENGARUH KETERGANTUNGAN FACEBOOK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI DI DUNIA NYATA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketergantungan Facebook terhadap keterbukaan diri di dunia nyata pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media (dependency media theory) yang menyatakan bahwa semakin seseorang menggantungkan kebutuhannya untuk dipenuhi oleh penggunaan media, maka semakin penting peran media dalam hidup orang tersebut sehingga media akan memiliki pengaruh pada orang tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 123 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik quota sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (-4.512 > 1,979) dengan koefisien determinasi 0,144, maka ketergantungan Facebook mempengaruhi keterbukaan diri di dunia nyata pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala sebesar 14,40%. Hasil perhitungan regresi linear juga menunjukkan bahwa nilai b = -0,341 dan taraf signifikansi 0,000. Angka -0,341 menunjukkan pengaruh yang negatif untuk ketergantungan Facebook terhadap keterbukaan diri di dunia nyata pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketergantungan Facebook berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keterbukaan diri di dunia nyata pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Hal ini berarti semakin tinggi ketergantungan Facebook, maka semakin rendah keterbukaan diri di dunia nyata pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Kata kunci: Facebook, Ketergantungan Media, Keterbukaan Diri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (STUDI PADA MAHASISWA ASING DENGAN MAHASISWA LOKAL DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (SYARIFAH AQILLAH A, 2018)

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Juniar Muharramah, 2016)

PENGARUH TERPAAN IKLAN LAZADA INDONESIA DI FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (JEMPA SARI, 2016)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Khairil Anwar, 2018)

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS SYIAH KUALA (T. Riki Azhari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy