//

PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BILANGAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Wardani - Personal Name
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wardani, Mutia. 2016. Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bilangan di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bainuddin Yani S. M.S., M.Pd., (2) Khairul Umam, S.Si., M.EdSc. Kata kunci : Metode Active Learning Tipe Index Card Match, Miskonsepsi Miskonsepsi siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep matematika. Miskonsepsi tersebut menimbulkan keprihatinan karena mengarah pada pembentukan konsep yang salah sehingga dapat menghambat pembelajaran matematika. Model pembelajaran active learning tipe index card match merupakan suatu model belajar dengan menggunakan strategi pengulangan (peninjauan kembali) materi. Sehingga siswa dapat mengingat kembali materi yang telah dipelajarinya. Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk menguasai dan memahami konsep melalui pencarian kartu indeks, dimana kartu indeks terdiri dari dua bagian yaitu kartu soal dan kartu jawaban. Setiap siswa memiliki kesempatan untuk memperoleh satu buah kartu. Dalam hal ini siswa diminta mencari pasangan dari kartu yang diperolehnya. Siswa yang mendapat kartu soal mencari siswa yang memiliki kartu jawaban. Model pembelajaran ini mengandung unsur permainan sehingga diharapkan siswa tidak bosan dalam belajar matematika dan juga memperbaiki miskonsepsi siswa terhadap materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode active learning tipe index card match terhadap miskonsepsi siswa pada materi bilangan di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif. Berdasarkan hasil pengolahan data, miskonsepsi yang dialami siswa bervariasi. Simpulan penelitian ini adalah setelah peneliti menerapkan metode active learning tipe index card match masih banyak siswa yang masih mengalami miskonsepsi. Berdasarkan jawaban siswa yang diwawancarai, miskonsepsi yang dialami siswa berupa konsep perkalian bilangan bulat, penjumlahan bilangan bulat negatif, operasi campuran, faktor persekutuan, serta cara membaca garis bilangan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL RNPEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATERIRN STATISTIKA DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Leviani, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG (nurmahalis, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy