//

KEPERCAYAAN POLITIK PADA PILAR DEMOKRASI (SUATU ANALISIS TERHADAP INDEPENDENSI JSI KOTA BANDA ACEH DALAM PENYELENGGARAAN SURVEY PRA PILKADA 2017)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERYDA RINJANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Survei merupakan pilar terbaru dari demokrasi. Survei dilakukan menjelang pilkada guna mengetahui persepsi publik terhadap popularitas sosok pemimpin calon kepala daerah. Survei penting dilakukan khususnya bagi kepentingan publik. Lembaga yang menyelenggarakan survei haruslah independen. Independensi penyelenggaraan survei dimaksud tidak melakukan keberpihakan kepada salah satu calon. Lembaga survei harus bersikap terbuka kepada publik terkait siapa sumber penyandang dananya. Hal ini penting guna menakar kemungkinan adanya bias pada hasil survei. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui independensi lembaga survei JSI Kota Banda Aceh dalam melakukan survei pra Pilkada 2017, serta dampak tidak adanya kepercayaan politik pada lembaga survei JSI Kota Banda Aceh terhadap eksistensi demokrasi di Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan secara langsung dengan informan dan dokumentasi didapatkan melalui buku, jurnal, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan survei yang dilakukan JSI Kota Banda Aceh belum begitu teruji integritasnya. Terkait dengan sumber pendanaan survei, JSI Kota Banda Aceh juga tidak menjelaskannya dengan transparan. Dalam hal ini dampaknya apabila lembaga tersebut tidak mampu objektif dalam mensurvei, maka akan mengganggu stabilitas demokrasi dan akan terjadinya defisit demokrasi. Diharapkan kepada lembaga yang menjalankan survei agar kedepan dapat lebih objektif dan jujur demi kemajuan bangsa. Kata Kunci : Kepercayaan Politik, Independensi, Defisit Demokrasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPAN KIP ACEH DALAM PENYELENGGARAAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2017 (Hendra Wisma, 2017)

IMPLIKASI PROSES REKRUTMEN TERHADAP INDEPENDENSI PANWASLIH ACEH DALAM PILKADA TAHUN 2017 DI PROVINSI ACEH (SUATU KAJIAN TENTANG PROSES RECRUITMENT PANWASLIH ACEH DALAM INDEPENDENSI DI PROVINSI ACEH ) (Ferzi Falevi, 2017)

INDEPENDENSI LEMBAGA SURVEI CALON GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 (SUATU PENELITIAN TERHADAP HASIL SURVEI MEDIA RESEARCH CENTER) (Tajrian Rahmad, 2017)

KEKALAHAN CALON KEPALA DAERAH PERSEORANGAN ADAM, SE DAN ISKANDAR PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2017 DI KABUPATEN GAYO LUES (MUHTAR AW, 2018)

PERSPEKTIF ELIT PARTAI POLITIK NASIONAL DAN ELIT PARTAI POLITIK LOKAL TERHADAP MEKANISME PILKADA OLEH DPRD BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2014 (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (M. HAEIKAL SANJAYA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy