//

PERANAN DAN POLITIK ANGGARAN PEMERINTAH ACEH SELATAN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.Rizki Firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M.RIZKI FIRDAUS, 2016 PERANAN DAN POLITIK ANGGARAN PEMERINTAH ACEH SELATAN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Radhi Darmansyah, M.Sc) (xiii,57) pp, bilb., app Aceh Selatan merupakan kabupaten yang memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa baik itu dari wisata bahari, wisata alam, sejarah dll. Namun potensi itu tidak di manfaatkan secara serius oleh Pemerintah setempat. Pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mengenalkan objek wisata dinilai masih tidak tertata, dapat dilihat dari infrastruktur dan sarana-prasarana yang belum sepenuhnya memadai, begitu pula dalam mempromosikan objek wisata dinilai masyarakat tidak dilakukan secara total untuk mengenalkan objek wisata di Kabupaten Aceh Selatan. Didalam melakukan pengembangan pariwisata sudah tentu faktor utama yakni dengan tersedianya anggaran yang khusus untuk alokasi pengembangan pariwisata, pengenggaran harus memenuhi prinsip transparan, ditandai dengan ketersediaan informasi publik tentang prosedur pengambilan keputusan dan transaksi pemerintah. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Selatan. Dasar penelitian ini menggunakan studi kasus dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Unit analisis pada penelitian ini adalah organisasi dengan informan adalah pimpinan, pegawai, dan staf yang mengetahui informasi secara rinci tentang Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai instrumen untuk mengetahui sejauh mana strategi dan penerapannya sebagai tindak lanjut dan revisi untuk desain formulasi program dan strategi selanjutnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, Belum adanya korelasi antara pihak eksekutif dan legislatif, maka pelaksanaan strategi yang diterapkan dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan memiliki beberapa hambatan dalam proses pelaksanaan manajemen organisasi secara keseluruhan, antara lain: aspek regulasi, aspek manajemen pembangunan sarana prasarana, aspek SDM, aspek manajemen pemasaran dan promosi, aspek manajemen pengelolaan dan aspek peran serta masyarakat serta anggaran yang masi simpang siur. Sehingga sangat perlu untuk mengambil upaya dan langkah profesional terhadap manajemen organisasi khususnya dalam desain dan proses penyusunan strategi yang tepat dan efektif. Kata Kunci : Peranan, Politik Anggaran, Pariwisata Aceh Selatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN DAN POLITIK ANGGARAN PEMERINTAH ACEH SELATAN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (M.Rizki Firdaus, 2016)

PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DI TAPAKTUAN (STUDI ANALISIS SOSIOLOGI SPATIAL DI KECAMATAN TAPAKTUAN,ACEH SELATAN) (Kodrat Zulfi, 2017)

PENGEMBANGAN GAMPONG NUSA SEBAGAI GAMPONG WISATA KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS PERANANDINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA ACEH BESAR) (Tjut Ika Mauliza, 2017)

ANALISIS PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH OBJEK WISATA DAN JUMLAH HOTEL TERHADAP PENERIMAAN SEKTOR PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH (Maya Carlina, 2016)

KEMANFAATAN PENGEMBANGAN PARIWISATA KUTA MALAKA ACEH BESAR TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (ZAKIATUL ILMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy