//

MINAT ETNIS CINA MENGGUNAKAN BAHASA ACEH SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI LOKAL DALAM TRANSAKSI JUAL BELI (STUDI TERHADAP ETNIS CINA DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASKALANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Minat Etnis Cina Menggunakan Bahasa Aceh Sebagai Sarana Komunikasi Lokal dalam Transaksi Jual Beli (Studi Terhadap Etnis Cina di Kota Banda Aceh)”. Permasalahannya adalah bagaimana minat etnis Cina yang ada di Kota Banda Aceh untuk mempelajari dan menerapkan bahasa Aceh sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat lokal dalam transaksi jual beli dan bagaimana gambaran penguasaan bahasa Aceh oleh etnis Cina di Kota Banda Aceh khususnya untuk kepentingan transaksi jual beli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat etnis Cina yang ada di Kota Banda Aceh untuk mempelajari dan menerapkan bahasa Aceh sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat lokal dalam transaksi jual beli dan untuk mengetahui gambaran penguasaan bahasa Aceh oleh etnis Cina di Kota Banda Aceh khususnya untuk kepentingan transaksi jual beli. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan, kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, diklasifikasikan, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa minat untuk menguasai bahasa Aceh secara fasih, dipengaruhi oleh dorongan dari dalam individu itu sendiri sangat berpengaruh terhadap bagaimana penggunaan bahasa yang nantinya dimiliki oleh etnis Cina yang bersangkutan, dorongan tersebut berasal dari faktor internal dan eksternal. Sedangkan gambaran penggunaan bahasa Aceh oleh etnis Cina di Kota Banda Aceh khususnya untuk kepentingan transaksi jual beli juga dapat dikatakan mereka selalu menggunakan bahasa Aceh dalam transaksi jual beli dengan masyarakat Aceh dan dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat lokal Aceh dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam kegiatan transasksi jual beli.Saran dalam penelitian ini minat etnis Cina yang ada di Kota Banda Aceh untuk mempelajari dan menerapkan bahasa Aceh sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat lokal dalam transaksi jual beli perlu ditingkatkan dari segi pembelajaran dan adaptasi bahasa guna meningkatkan pencapaian kemampuan berbahasa Aceh menjadi lebih tinggi dimasa mendatang. Sedangkan gambaran penguasaan bahasa Aceh oleh etnis Cina di Kota Banda Aceh khususnya untuk kepentingan transaksi jual beli untuk meningkatkan penguasaan tersebut diperlukan peningkatan penggunaan bahasa Aceh oleh etnis Cina dalam kehidupan sehari-hari. . Kata Kunci : Minat, Bahasa Aceh, Komunikasi Lokal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT CINA DAN MASYARAKAT ACEH (STUDI PADA MASYARAKAT ETNIS CINA DAN ETNIS ACEH DI GAMPONG PEUNAYONG KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Susi Mailia, 2017)

EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN MELALUI PENGGUNAAN BAHASA ACEH OLEH ETNIS TIONGHOA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DENGAN ETNIS ACEH DI KOTA BANDA ACEH (Febri Miraj, 2016)

PELAKSANAAN UPACARA PERKAWINAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA LHOKSEUMAWE 1980 – 2011 (Lailan, 2013)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT ETNIS ACEH DALAM MENGEMBANGKAN ADAT DAN BUDAYA TIONGHOA DI GAMPONG PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (JUNAIDI SIREGAR, 2016)

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DENGAN PEDAGANG ACEH DALAM BERBISNIS (SUATU STUDI PADA PEDAGANG DI GAMPONG PEUNAYONG, BANDA ACEH DALAM BERBISNIS GROSIR DAN KELONTONG) (Nisa Thaharah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy