//

TIPOLOGI KEPEMIMPINAN GEUCHIK GAMPONG PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN (SUATU KAJIAN TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kurniawan Akbar Syahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangunan nasional yang merupakan perwujudan usaha untuk mencapai masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, pelaksanaannya harus dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa (atau disebut juga gampong), karena itu pembangunan gampong merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Untuk menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat gampong, salah satu yang sangat berperan adalah kepemimpinan geuchik. Partisipasi masyarakat atau keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan dapat dipengaruhi oleh tipologi kepemimpinan geuchik, sebab dalam meningkatkan partisipasi masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan pembangunan gampong. Permasalahannya adalah bagaimana tipologi kepemimpinan geuchik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung yang dihadapi geuchik dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan dan teori partisipasi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi kepemimpinan Geuchik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman adalah tipe pemimpin demokratis dengan cara bimbingan. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung yang dihadapi Geuchik Gampong Peuniti dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong, diantaranya adalah: hambatan ruang gerak, hambatan disinformasi, hambatan apatisme dan pragmatisme, namun hal tersebut tidak terlalu menjadi soalan penting karena masih diperolehnya dukungan dari silahturahmi masyarakat. Disarankan bagi Geuchik Gampong Peuniti, untuk lebih memperluas bimbingannya. Harus dilaksanakan perbaikan pola komunikasi organisasi pemerintahan Gampong Peuniti. Selain itu harus dilaksanakan program-program yang lebih inovatif, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN GEUCHIK DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN GAMPONG ALUE KRUENG KECAMATAN PASIE RAYA KABUPATEN ACEH JAYA(STUDI KEPEMIMPINAN GEUCHIK MISWAR DALAM PENGELOLAAN DANA GAMPONG) (Darwin, 2018)

PERANAN KOMUNIKASI KEUCHIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG (PENELITIAN PADA GAMPONG GEULANGGANG LABU KECAMATAN PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN) (Fakhrurrazi, 2015)

KAJIAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DESA TANGGUH BENCANA DI GAMPONG PAYATIENG KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Ariyani, 2018)

PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, KAPASITAS APARATUR GAMPONG DAN PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN GAMPONG TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ALOKASI DANA GAMPONG (STUDI PADA KECAMATAN GEUMPANG, MANE, DAN TANGSE KABUPATEN PIDIE) (Rizky Ananda Sari, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAMRNPEMBANGUNAN GAMPONGRN(STUDI KASUS DI LAMPASEH ACEH KEC. MEURAXA PERIODE 2009-2014 DI KOTA BANDA ACEH) (husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy