//

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN TINGKAT NYERI PADA PENDERITA LOW BACK PAIN (LBP) DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ruli Syukran Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

LatarBelakang: Low back pain (LBP) merupakan salah satu masalah kesehatan di masyarakat yang menyebabkan ketergantungan pada pelayanan kesehatan. Faktor risiko LBP diketahui meningkat seiring dengan bertambahnya usia, obesitas (IMT > 25 kg/m2), kurangnya aktivitas, serta kerja berat. Indeks Massa Tubuh (IMT) yang meningkat merupakan salah satu faktor yang dapat memperberat rasa nyeri pada LBP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan tingkat nyeri pada penderita low back pain di Poliklinik Saraf RSUDZA Banda Aceh periode Agustus 2016. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pengambilan data secara cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus 2016 dengan teknik non probability sampling dengan menggunakan consecutive sampling. Data dikumpulkan menggunakan Comparative Pain Scale untuk menilai tingkat nyeri pada LBP dan melakukan pengukuran tinggi badan serta berat badan untuk mengetahui hasil dari IMT kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Spearman Rank Rho. Hasil: Dari 47 responden low back pain didapatkan sebesar (34,0%) yang mengalami obesitas, rentang usia 40-60 tahun sebesar (68,1%), serta tingkat nyeri pada kategori berat sebesar (36,2%). Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara Indeks Massa Tubuh dengan tingkat nyeri pada penderita low back pain di Poli Saraf RSUDZA Banda Aceh periode Agustus 2016 (P=0,000). Tingkat nyeri pada kategori berat penderita low back pain yang paling banyak dialami adalah obesitas yaitu sebesar (47,1%). Kata Kunci: Indek massa tubuh, Low back pain, Tingkat nyeri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Aminah, 2016)

GAMBARAN PERSEPSI DISABILITAS PASIEN LOW BACK PAIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Meidia Khusnul Khatima, 2015)

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA PASIEN WANITA USIA 45 – 60 TAHUN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURMASYITHAH, 2015)

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN TINGKAT DISABILITAS PADA PASIEN LOW BACK PAIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZKY SETIAWAN BAKRY, 2015)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (MUHIBBUL HADI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy