//

HUBUNGAN KEBERSYUKURAN DENGAN STRES KERJA PADA PETUGAS PENJAGAAN RUMAH TAHANAN NEGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Devi Novianty - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pekerjaan merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap manusia. Dalam menjalani setiap pekerjaan tidak selamanya individu mengalami hal yang menyenangkan, namun pekerjaan juga dapat menimbulkan tekanan-tekanan yang membuat individu mengalami stres kerja. Respon individu dalam menghadapi stres kerja berbeda-beda, ada yang menanggapi sebagai suatu hal yang negatif namun ada juga yang menanggapi sebagai hal yang positif. Kebersyukuran berperan dalam memunculkan emosi secara positif. Dengan adanya emosi positif maka dapat menghilangkan emosi negatif sehingga dapat menurunkan kadar stres kerja yang sedang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dengan stres kerja pada petugas penjagaan Rumah Tahanan Negara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu semua populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah 40 orang petugas penjagaan Rumah Tahanan Negara. Alat ukur yang digunakan yaitu adaptasi skala Gratitude Questionnaire-6 (GQ-6) dikembangkan oleh McCullough, Emmons, dan Tsang (2002) dan adaptasi skala the occupational stress scale (OSS)dikembangkan oleh House, McMichael, Wells, Kaplan, dan Landerman (1979). Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar - 0,492 dengan nilai p = 0,001 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kebersyukuran dengan stres kerja pada petugas penjagaan Rumah Tahanan Negara. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa petugas penjagaan Rumah Tahanan Negara pada umumnya memiliki kebersyukuran dengan kategori tinggi dan stres kerja yang rendah. Kata Kunci: Kebersyukuran, Stres Kerja, Petugas Penjagaan, Rumah Tahanan Negara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN CABANG RUMAH TAHANAN (RUTAN) NEGARA LANGSA IDI DI KOTA IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR, 1981-2016 (AGUSSALEM, 2018)

PENERAPAN SANKSI TERHADAP PELANGGARAN MENYIMPAN UANG SECARA TIDAK SAH DI RUTAN (SUATU PENELITIAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB BANDA ACEH) (IVAN MAULANA, 2016)

HUBUNGAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (MIRNA DEVIANA, 2018)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Arza Rufli, 2014)

PEMENUHAN HAK NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS II B SIGLI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN (Kurnia Dwi Mantri Abi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy