//

EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN MELALUI PENGGUNAAN BAHASA ACEH OLEH ETNIS TIONGHOA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DENGAN ETNIS ACEH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Febri Miraj - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penyampaian Pesan Melalui Penggunaan Bahasa Aceh oleh Etnis Tionghoa dalam Berinteraksi Sosial dengan Etnis Aceh di Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan Bahasa Aceh sebagai media komunikasi lintas budaya tersampaikan secara efektif pada Etnis Aceh dan Tionghoa. Teori yang digunakan adalah Teori Atraksi Interpersonal yaitu proses komunikasi yang terjadi ketika seseorang memiliki unsur ketertarikan pada seseorang maka kecenderungan untuk berkomunikasi lebih besar khususnya melalui penggunaan Bahasa Aceh bagi etnis Tionghoa dalam berinteraksi sosial. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan data dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara etnis Tionghoa dan etnis Aceh dengan menggunakan Bahasa Aceh sebagai salah satu media komunikasi berlangsung secara efektif, yakni mengutamakan kualitas lima indikator efektivitas komunikasi interpersonal diantaranya keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Kecenderungan Etnis Tionghoa menggunakan bahasa Aceh dalam bahasa pergaulan mereka sehari-hari membuat etnis tersebut diterima secara baik dalam lingkungan masyarakat Aceh. Hal ini dirasakan dalam dua aspek khusus, yaitu perdagangan dan pendidikan. Etnies Tionghoa yang menggunakan Bahasa Aceh akan lebih mudah berinteraksi, sehingga keuntunganya bisa dirasakan langsung. Hal ini juga didukung oleh faktor personal dan situasional yang dapat dirasakan ketika mereka berinteraksi sosial dalam lingkungan masyarakat Aceh. Begitu juga dengan masyarakat Aceh berinteraksi dengan etnis Tionghoa yang merasa lebih akrab dan lebih terbuka saat etnis Tionghoa tersebut menggunakan bahasa Aceh. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Etnis Tionghoa, Etnis Aceh, Bahasa Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

PERKEMBANGAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH, 1945-2014 (CITRA AMELIA, 2014)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE (Khairatul Ulya Mukhtar, 2017)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT ETNIS ACEH DALAM MENGEMBANGKAN ADAT DAN BUDAYA TIONGHOA DI GAMPONG PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (JUNAIDI SIREGAR, 2016)

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DENGAN PEDAGANG ACEH DALAM BERBISNIS (SUATU STUDI PADA PEDAGANG DI GAMPONG PEUNAYONG, BANDA ACEH DALAM BERBISNIS GROSIR DAN KELONTONG) (Nisa Thaharah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy