//

PEMBERITAAN PENCULIKAN ANGGOTA TNI PADA SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA & HARIAN RAKYAT ACEH (ANALISIS FRAMING MODEL ZHONGDANG PAN DAN GERALD KOSICKI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Rudy Setiawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pemberitaan Penculikan Anggota TNI pada Surat Kabar Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh ( Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki) ". Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pembingkaian yang dilakukan Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh terkait Pemberitaan Penculikan Dua Anggota TNI. Berita tentang penculikan dua anggota TNI saat pertama kali ditayangkan memang sudah menjadi perhatian publik. Hal ini dikarenakan, pasca Mou Helsinki, inilah pertama kalinya terjadi penculikan terhadap anggota militer TNI. Tidak hanya menjadi isu lokal, berita ini pun menjadi isu nasional. Bagi masyarakat Aceh, berita ini sangat sensitif mengingat Aceh pernah dilanda konflik panjang yang melibatkan pihak TNI dan GAM. Hal ini dinilai tidak hanya menimbulkan ketakutan warga sekitar namun juga dapat merugikan daerah khususnya dalam hal bidang investasi. Teori yang digunakan adalah teori ideologi media yang berkaitan dengan apa yang ditonjolkan baik Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh tentang Penculikan Dua Anggota TNI. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa studi dokumentasi berita terkait. Berdasarkan hasil pengolahan data artikel yang dikumpulkan di bulan Maret 2015, maka diperoleh Harian Serambi Indonesia menilai bahwa peristiwa penculikan TNI tidak dapat diterima oleh pihak manapun dan dalam pengusutannya keamanan warga sekitar pun harus diutamakan. Sedangkan media Harian Rakyat Aceh ingin memastikan bahwa dalam peristiwa berdarah ini, tidak ada sama sekali keterlibatan baik TNI maupun Eks GAM serta anggota Partai Aceh. Lebih lanjut, berdasarkan hasil framing yang digunakan dan dilihat pada kedua media, tidak seluruh elemen pada framing Pan dan Kosicki ada pada pemberitaan yang dilakukan. Kata Kunci : Penculikan, Analisis Framing Zhongdang Pan dan Kosicki, Harian Serambi Indonesia, Harian Rakyat Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN POLEMIK VIDEOTRON YANG DIWACANAKAN OLEH DINAS PENDIDIKAN ACEH DALAM MEDIA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Muhammad Yasir, 2018)

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA (Afrizal, 2014)

BENTUK PEMBERITAAN POLEMIK BENDERA ACEH ANTARA PEMERINTAH PUSAT DENGAN PEMERINTAH ACEH (STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMBERITAAN PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH) (Mutiara Indaswari, 2015)

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN WALI NANGGROE DI HARIAN SERAMBI INDONESIA (Elda Wahyu, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy