//

KUALITAS NUTRISI PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Risna - Personal Name

Abstrak/Catatan

KUALITAS NUTRISI PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR YANG BERBEDA Cut Risna 1305004010009 ABSTRAK Suatu pengamatan tentang kualitas nutrisi pakan komplit berbasis ampas sagu yang difermentasi dengan kadar air yang berbeda telah dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, sejak tanggal 30 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi dari ampas sagu yang difermentasi dengan kadar air yang berbeda. Pengamatan ini terdiri dari 4 perlakuandan 2 kali ulangan yaitu A (kadar air 30%), B (kadar air 40%), C (kadar air 50%) dan D (kadar air 60%). Parameter yang diukur adalah bahan kering, protein kasar, lemak kasar, serat kasar, kadar abu dan BETN. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa semakin tinggi level penambahan kadar air mengakibatkan penurunan pada persentase bahan kering dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN), sementara pada persentase protein kasar, lemak kasar dan kadar abu mengalami peningkatan. Serat kasar terendah terdapat pada penambahan kadar air sebanyak 50%, yaitu 11,428%. Kata kunci : Pakan komplit, ampas sagu, fermentasi, analisa proksimat, nutrisi pakan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBERDA (Rauzatul Jannah , 2016)

KANDUNGAN FRAKSI SERAT KASAR COMPLETE FEED BERBASIS AMPAS SAGU YANG DIFERMENTASI DENGAN KADAR AIR BERBEDA (ALFI SYAHRIN, 2016)

PENINGKATAN NILAI NUTRISI AMPAS SAGU MELALUI FERMENTASI MENGGUNAKAN ASPERGILLUS NIGER DENGAN PENAMBAHAN SUMBER KARBOHIDRAT TERLARUT YANG BERBEDA (nazaruddin, 2013)

EVALUASI KUALITAS NUTRISI AMPAS TEBU AMONIASI YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN TRICHODERMA HARZIANUM DENGAN LAMA PEMERAMAN BERBEDA (Denny Riayatsyah, 2016)

UJI MIKROBIOLOGI PAKAN LENGKAP FERMENTASI BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN TEKNIK FERMENTASI BERBEDA (Syahrul Ramadhan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy