//

PENGARUH HEAT TREATMENT TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Rizki Nanda S - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH HEAT TREATMENT TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG T. Rizki Nanda Saputra 0904102010086 Keahlian Pembentukan dan Material Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh heat treatment terhadap perilaku korosi baja karbon sedang. Delapan buah spesimen disiapkan untuk keperluan tersebut, yang masing-masingnya 2 spesimen untuk tanpa perlakuan, 2 spesimen untuk annealing, 2 spesimen untuk normalizing, dan 2 spesimen untuk hardening. Pengujian komposisi, struktur mikro, dan pengujian kekerasan dilakukan pada penelitian tersebut untuk memastikan baja yang digunakan adalah benar baja karbon sedang dan stuktur mikro yang terbentuk setelah proses heat treatment sesuai dengan ASM Metal Handbook Volume 9 Metallography. Temperatur autenisasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 8150C untuk annealing, 9000C untuk normalizing, 8500C untuk hardening dengan holding time selama 15 menit. Pengukuran kurva polarisasi dilakukan dengan menggunakan peralatan galvanostat. Hasil pengujian komposisi memberikan kandungan karbon sebesar 0,31%. Nilai ini menunjukkan bahwa baja yang digunakan tergolong ke dalam baja karbon sedang. Hasil pengukuran kurva polarisasi menunjukkan bahwa adanya perubahan bentuk profil kurva polarisasi antara baja tanpa perlakuan dengan yang mendapatkan heat treatment. Nilai potensial katodik dan anodic baja yang mengalami perlakuan annealing, normalizing, dan hardening cenderung naik. Pada kurva polarisasi specimen tanpa perlakuan Ecorr yang didapat adalah – 395 mV. Pada kurva polarisasi spesimen annealing Ecorr yang didapat adalah -391 mV. Pada kurva polarisasi spesimen normalizing Ecorr yang didapat adalah -365,25 mV. Pada kurva polarisasi hardening Ecorr yang didapat adalah -385,25 mV. Dari kurva yang terbentuk terlihat nilai Ecorr bergerak menuju arah yang positif akibat heat treatment. Hal tersebut menunjukkan bahwa heat treatment mempengaruhi perilaku korosi baja karbon sedang. Kata Kunci: Heat Treatment, Baja Karbon Sedang, Korosi, Kurva Polarisasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TEMPERING TERHADAP PERILAKU KOROSI BAJA KARBON SEDANG (RENHAT, 2016)

PENGARUH ANNEALING PASCA PENGELASAN TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTURMIKRO PADA SAMBUNGAN AISI 1018 DAN AISI 308 (Kharisma Permana, 2018)

SIMULASI EFEK GALVANIK PADA BAJA KARBON SEDANG HASIL TEMPERING MENGGUNAKAN BOUNDARY ELEMENT METHODE (BEM)-3D (M.iqbal, 2017)

SIMULASI EFEK GALVANIK BAJA KARBON SEDANG HASIL PERLAKUAN PANAS MENGGUNAKAN BOUNDARY ELEMENT METHOD (BEM)-3D (Illiyinal Muttaqin S, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN TREMBESI (SAMANEA SAMAN (JACQ.) MERR.) SEBAGAI BAHAN INHIBITOR TERHADAP LAJU KOROSI BAJA PLAT HITAM (BASE PLAT) A36 (Fatriah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy