//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, STATUS EKONOMI, PEKERJAAN, IKLAN SUSU FORMULA DAN ALASAN MEDIS DENGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Fajrul Islam Siregar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif adalah pemberian ASI saja tanpa ditambah makanan apapun hingga bayi berusia 6 bulan. Dalam kesehariannya masih banyak yang memberikan makanan selain ASI seperti susu formula, madu, pisang dan lain sebagainya. Berdasarkan RISKESDAS tahun 2013 pemberian susu formula di Indonesia mencapai angka 79,8% dan Provinsi Aceh 72,6%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, status ekonomi, pekerjaan, iklan susu formula dan alasan medis dengan pemberian susu formula pada bayi di RSUDZA Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dari tanggal 25 Mei 2015 sampai 15 April 2016 dengan responden 30 orang ibu. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini mendapatkan pemberian susu formula (36,7%) dan tidak memberi (63,3%). Pengetahuan baik (70%) dan kurang (30%). Status ekonomi rendah (16,7%), sedang (43,3%) dan tinggi (40%). Bekerja (13,3%) dan tidak bekerja (86,7%). Ada pengaruh iklan susu formula (36,7%) dan tidak ada pengaruh (63,3%). Ada alasan medis 30% dan tidak ada alasan medis 70%. Hasil penelitian dengan uji Chi-Square dan Mann-Whitney. Pengetahuan (p=0,008), status ekonomi (p=0,762), pekerjaan (p=0,970), iklan susu formula (p=0,000) dan alasan medis (p=0,000). Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahun, iklan susu formula dan alasan medis dengan pemberian susu formula. Tidak terdapat hubungan antara status ekonomi dan pekerjaan dengan pemberian susu formula. Kata kunci: pemberian susu formula, pengetahuan, status ekonomi, pekerjaan, iklan susu formula, alasan medis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN PROMOSI IKLAN SUSU FORMULA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS BAITUSSALAM ACEH BESAR (Emi Puspita Sari, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (VERA RIZKI, 2016)

PERBEDAAN STATUS GIZI BAYI (USIA 3-6 BULAN) ALERGI SUSU SAPI YANG MENDAPAT ASI DENGAN YANG MENDAPAT SUSU HIPOALERGENIK PADA PRAKTEK SWASTA DOKTER ANAK KONSULTAN ALERGI DI BANDA ACEH (VIDYA CHATMAYANI MULYA, 2016)

PERBEDAAN STATUS GIZI BAYI (USIA 3-6 BULAN) ALERGI SUSU SAPI YANG MENDAPAT ASI DENGAN YANG MENDAPAT SUSU HIPOALERGENIK PADA PRAKTEK SWASTA DOKTER ANAK KONSULTAN ALERGI DI BANDA ACEH (VIDYA CHATMAYANI MULYA, 2014)

PERBANDINGAN PANJANG BADAN ANAK USIA 1-2 TAHUN YANG MENDAPATKAN ASI EKSLUSIF DAN SUSU FORMULA DI KECAMATAN DARUL IMARAH, KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2015 (Siti Harisah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy