//

EKSISTENSI PEMERINTAHAN MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANEE KABUPATEN PIDIE DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Busra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK TEUKU BUSRA EKSISTENSI PEMERINTAHAN MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANEE KABUPATEN PIDIE DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA Sumber Daya Alam (SDA) di kemukiman Lutueng diantaranya hutan luas yang merupakan bagian dari hutan lindung Ulu Masen dan beberapa aliran sungai sebagai oase vital yang memiliki komiditi bernilai ialah ikan keureulieng. Maraknya usaha eksploitasi SDA yang meresahkan diantaranya penebangan liar, usaha penggalian, dan penangkapan ikan yang menggunakan alat yang tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah Mukim Lutueng berperan penting dalam pengelolaan SDA agar keberlangsungan lingkungan dan ekosistem tetap terjaga. Maka dari itu adapun tujuan dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui peran, mekanisme serta dampak yang dilakukan oleh pemerintahan Mukim Lutueng Kecamatan Manee Kabupaten Pidie dalam pengelolaan Sumber Daya Alam. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan dengan melakukan wawancara yaitu percakapan langsung dan tatap muka (face to face) Berdasarkan hasil wawancara didapatkan data bahwa peran pemerintahan Mukim Lutueng Kecamatan Manee Kabupaten Pidie dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dapat meningkatkan kesadaran masayarakat untuk melestarikan SDA wilayah setempat. Secara mekanisme pemerintahan Mukim Lutueng melaksanakan sesuai dengan aturan yang tertera pada Qanun. Jika terjadi penebangan liar dan penangkapan ikan secara tidak ramah lingkungan akan ditindak lanjuti sesuai dengan hukuman yang tertera dalam Qanun Adat. Dampak yang dihasilkan sangat membanggakan baik dari sisi masyarakat maupun ekosistem. Masyarakat lebih disiplin dan patuh dalam mengelola SDA sehingga eksistensi wilayah dan ekosistem terjaga. Dampak lainnya adalah Mukim Lutueng dikenal dan menjadi contoh bagi Mukim lain. Disarankan Kepada Imum Mukim dan FFI agar dapat mempertahankan eksistensinya dalam mengelola SDA di Mukim Lutueng. Kata Kunci : Eksistensi, Mukim Lutueng, Sumber Daya Alam 2016

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN PENGEMBANGAN HUTAN DESA DI MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANE, KABUPATEN PIDIE, PROVINSI ACEH (Ainul Mardhiah, 2016)

EKSISTENSI TARI RATEB MEUSEKAT DI GAMPONG MEUDANG ARA BARO KECAMATAN BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Badril Ummir, 2018)

PERSEPSI APARATUR PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KINERJA PENDAMPING DESA DI MUKIM SEJAHTERA KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Fajri Yulizar, 2018)

EVALUASI KRITERIA KESESUAIAN LAHAN KOMODITI KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) DI DESA LUTUENG KECAMATAN MANE KABUPATEN PIDIE (Hermawan Kurnia, 2016)

PERAN MUKIM DALAM MEMPERKUAT KEARIFAN LOKAL DI ACEH(SUATU KAJIAN DI MUKIM SIEM, KECAMATAN DARUSSALAM,KABUPATEN ACEH BESAR) (Muzakir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy