//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI DI LINGKUNGAN LABORATORIUM MIKROBIOLOGI KLINIK RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amiril Arifin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu peran laboratorium mikrobiologi klinik adalah sebagai penyedia data pemeriksaan penunjang mengenai bakteri patogen penyebab penyakit infeksi pada pasien. Oleh karena itu, keakuratan hasil identifikasi dinilai perlu. Bakteri yang hidup di lingkungan laboratorium mikrobiologi klinik adalah salah satu sumber kontaminan terhadap sampel klinik, sehingga dapat terjadi hasil yang salah pada identifikasi bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan isolasi dan identifikasi bakteri di lingkungan Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUDZA Banda Aceh dan menentukan sumber bakteri tersebut. Jenis penelitian ini adalah observasional laboratorium. Sampel penelitian ini adalah permukaan benda yang ada di laboratorium seperti permukaaan meja, dinding, lantai, Biosafety Cabinet (BSC), inkubator, gagang pintu masuk dan pintu kulkas, keyboard komputer, mukosa hidung dan telapak tangan petugas laboratorium yang belum dicuci. Hasil isolasi bakteri dari 25 sampel diperoleh 34 isolat bakteri. Hasil identifikasi bakteri bakteri diperoleh bakteri GPB, Pantoea spp, Acinetobacter baumannii, Staphylococcus warneri, Staphylococcus haemolyticus, Staph. hominis spp hominis, Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Leuconostoc pseudomesenteroides, Citrobacter koseri, Burkholderia cepacia, Sphingomonas paucimobilis, Lactococcus garvieae, dan Staphylococcus gallinarum. Kata kunci: bakteri kontaminan, lingkungan laboratorium.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIFITAS ANTIBIOTIK TERHADAP BAKTERI YANG DIISOLASI DARI DARAH PENDERITA SEPSIS DI NICU BLUD RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Emil Muzammil, 2015)

IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT ISOLAT BK-01 SECARA FENOTIPIK DAN GENOTIPIK YANG BERPOTENSI MENGHASILKAN BAKTERIOSIN SEBAGAI BIOPRESERVATIF (CUT MEUTIA, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI AEROMONAS SP PADA IKAN MAS KOKI (CARRASIUS AURATUS) DARI BEBERAPA PET SHOP DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Zulfan, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI AEROMONAS SP PADA IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI DANAU LAUT TAWAR ACEH TENGAH (Putra Anugrah, 2015)

PERBANDINGAN SENSITIVITAS FOSFOMICIN DENGAN CEFALOSPORIN GENERASI III TERHADAP BAKTERI GRAM NEGATIF (Teuku Bima Fasha. TS, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy