//

PENGARUH WARNA LAMPU YANG BERBEDA TERHADAP PERILAKU CYPRINUS CARPIO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Melisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Melisa. 2016. Pengaruh Warna Lampu yang Berbeda terhadap Perilaku Cyprinus carpio. Skripsi, Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Safrida S.Pd, M.Si., (2) Dr. Khairil, M.Si. Kata Kunci: lampu, perilaku bergerak, perilaku makan, Cyprinus carpio Cyprinus carpio merupakan ikan diurnal yang termasuk ordo Cypriniformes dari famili Cyprinidae. Cyprinus carpio termasuk ikan yang hidup di perairan tawar. Cyprinus carpio hidup pada salinitas dengan kisaran minimum 0,01‰ dan maksimum 1‰, pH 5,5-7,5. Hidup Cyprinus carpio sangat dipengaruhi oleh suhu. Cahaya merupakan bagian yang fundamental dalam menentukan tingkah laku ikan. Cahaya bertindak sebagai pengsinkronisasi dan regulasi ritme endogen harian pada ikan, dan juga mempengaruhi pertumbuhan ikan, pergerakan aktivitas, tingkat metabolisme, pigmentasi tubuh, pematangan seksual dan reproduksi. Cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan dan dapat menyebabkan ikan stres bahkan dapat menghilangkan stres pada ikan. Perilaku adalah aktivitas suatu organisme akibat adanya suatu stimulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna lampu yang berbeda terhadap perilaku bergerak dan perilaku makan Cyprinus carpio. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan RAL terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. Parameter penelitian adalah perilaku bergerak dan perilaku makan Cyprinus carpio. Data dianalis menggunakan ANAVA dan Uji Lanjut Beda Jarak Nyata Duncan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian warna lampu yang berbeda memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap perilaku bergerak dan makan Cyprinus carpio. Jumlah perilaku bergerak dan makan Cyprinus carpio terbanyak terdapat pada perlakuan P4 dan P2 bila dibandingkan dengan perlakuan lain sedangkan perlakuan P0 memiliki perilaku bergerak dan makan paling sedikit. Simpulan penelitian ini adalah pemberian warna lampu yang berbeda berpengaruh nyata terhadap perilaku ikan yang meliputi perilaku bergerak dan perilaku makan. Pemberian P4 memberikan respon terbaik terhadap perilaku bergerak dan makan Cyprinus carpio

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAKRNSARANG SEMUT (HYDNOPHYTUM FORMICARUM JACK) TERHADAP DAYA TETAS TELUR RNIKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) (Reza Putra, 2015)

PENGARUH PEMANFAATAN PERASAN WORTEL (DAUCUS CAROTA L) DALAM PAKAN TERHADAP TINGKAT KECERAHAN WARNA PADA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) (Seri Murni, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP TINGKAT KESEGARAN IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) (Masta Dewi, 2018)

ANALISIS PENGARUH EFESIENSI LAMPU PIJAR, TL, LED DAN LAMPU HEMAT ENERGI TERHADAP KUALITAS DAYA LISTRIK DI RUMAH TANGGA (Muhammad Zaky, 2015)

PENGARUH EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) (Cut Fajrina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy