//

PERBANDINGAN METODE ESTIMASI-M DAN ESTIMASI-S PADA REGRESI ROBUST

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALFI SYAHRIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis Regresi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara satu variabel tak bebas dengan satu atau lebih variabel bebas. Analisis regresi bertujuan untuk mendapatkan nilai-nilai penduga parameter dalam model regresi. Metode Kuadrat Terkecil merupakan metode yang digunakan untuk mendapatkan penduga parameter regresi. Dalam penggunaan metode ini terdapat beberapa asumsi klasik yang harus terpenuhi. Namun kenyataannya, asumsi-asumsi tersebut tidak selalu terpenuhi, salah satu penyebabnya adalah adanya data pencilan. Pencilan adalah data yang terlihat jauh dari pola garis regresi. Pencilan dapat dideteksi dengan menggunakan metode Cook’s Distance. Salah satu alternatif untuk metode kuadrat terkecil ketika asumsi tidak terpenuhi adalah dengan menggunakan Regresi Robust. Regresi robust memiliki beberapa metode estimasi, diantaranya estimasi-M dan estimasi-S yang memiliki breakdown point yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi antara regresi robust estimasi-M dan estimasi-S dalam mengatasi data yang mengandung pencilan dengan mengikutsertakan pencilan tersebut untuk memperoleh koefisien model regresi dan mendapatkan model regresi terbaik. Hasil analisa perbandingan metode estimasi-M dan estimasi-S dengan melihat nilai standard error, model regresi optimal yang diperoleh untuk kasus ubi kayu di Indonesia adalah dengan metode estimasi-S. Faktor yang mempengaruhi produksi ubi kayu adalah curah hujan, kelembaban, jumlah penduduk dan jumlah pupuk. Kata Kunci : Regresi Robust, Pencilan, Cook’s Distance, Estimasi-M, Estimasi-S, Standard Error, Breakdown point

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN METODE ESTIMASI-M DAN ESTIMASI-S PADA REGRESI ROBUST (ALFI SYAHRIN, 2016)

PERHITUNGAN WAKTU MATI PADA KORMATOGRAFI GAS METODE NON-LINIER DEGAN BAHASA PEMROGRAMAN ANSII-C (Zamzami, 2014)

PENGARUH INVESTASI, TENAGA KERJA DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Mutia Sari, 2017)

PENGKLASIFIKASIAN INDEKS DEMOKRASI INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN LINIER KLASIK DAN ANALISIS DISKRIMINAN LINIER ROBUST (HUSWATUL FITRI, 2018)

WILLINGNESS TO PAY TERHADAP AREA PARKIR VERTIKAL DI KOTA BANDA ACEH (Restu Rahmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy