//

PENGGEROMBOLAN PADA DATA TIDAK LEMGKAP DENGAN MENGGUNAKAN PARTIAL DISTANCE STRATEGY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iranda Afrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis gerombol umumnya hanya dapat digunakan pada data lengkap, agar algoritma-algoritma penggerombolan dapat bekerja dengan efektif. Namun pada penelitian ini akan dibahas algoritma untuk melakukan penggerombolan pada data tidak lengkap dengan menggunakan metode Partial Distance Strategy (PDS). Metode PDS ini merupakan suatu algoritma yang digunakan untuk menangani kasus data tidak lengkap. Data yang digunakan adalah data kesejahteraan rakyat di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh pada tahun 2006. Beberapa data pada tahun 2006 mengalami ketidaklengkapan yang disebabkan karena ada kabupaten/kota mengalami pemekaran. Metode PDS ini terdiri dari tiga langkah, yaitu menentukan pusat gerombol awal, mencari nilai jarak dari suatu objek ke masing-masing pusat gerombol, mengalokasikan objek ke dalam suatu gerombol berdasarkan jarak minimum. Penggerombolan data tidak lengkap digerombolkan dengan membentuk gerombol awal berdasarkan tingkat kesejahteraan dan arah mata angin. Hasil pengelompokkan kabupaten/kota berdasarkan tingkat kesejahteraan yaitu gerombol dengan kesejahteraan tinggi ada 3 kabupaten/kota, gerombol dengan kabupaten/kota yang mengalami pemekaran ada 5 kabupaten/kota, gerombol dengan kabupaten/kota yang tidak mengalami pemekaran ada 11 kabupaten/kota, dan gerombol dengan kesejahteraan rendah ada 4 kabupaten/kota. Sedangkan hasil pengelompokkan kabupaten/kota berdasarkan arah mata angin yaitu gerombol pada arah utara ada 3 kabupaten/kota, gerombol pada arah timur ada 6 kabupaten/kota, gerombol pada arah tengah ada 7 kabupaten/kota dan gerombol pada arah barat selatan ada 7 kabupaten/kota. Dari ke dua pusat gerombol diketahui bahwa pusat gerombol pada arah mata angin lebih efektif dibandingkan dengan pusat gerombol pada tingkat kesejahteraan karena menghasilkan iterasi paling minimum. Kata kunci : Gerombol, Partial Distance Strategy (PDS), Data tidak lengkap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM KONTROL PERALATAN LISTRIK MENGGUNAKAN MEDIA NIRKABEL (T. Rian Fadillah, 2018)

THE STUDENTS’ STRATEGIES USED IN WRITING NARRATIVE TEXT BY SECOND GRADE STUDENTS OF MTSN RUKOH BANDA ACEH (Nurhidayani, 2014)

STRATEGI BERTAHAN HIDUP PETANI KOPI PASCA KONFLIK (STUDI KASUS DI KECAMATAN KUTE PANANG KABUPATEN ACEH TENGAH) (Suryadi, 2013)

TEACHING READING BY USING TPRC STRATEGY IN UNDRSTANDING RECOUNT TEXT (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT GRADE VIII SMP N 1 KUTA BARO, ACEH BESAR) (Mirla Sarah Muthmainnah, 2018)

THE USE OF THREE MINUTE PAUSE STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT SMAN 8 BANDA ACEH) (Shafura, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy