//

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (CUCUMIS MELO L.) PADA BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI HYDRO-J MELON SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIKA TRISNAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstract. Melon merupakan tanaman buah semusim dan merupakan salah satu tanaman hortikultura bernilai ekonomi tinggi yang sering dibudidayakan. Konsumsi buah melon terus meningkat setiap tahunnya sementara produksi buah melon tidak menentu jumlahnya. Penurunan mutu dan produksi melon yang tidak menentu disebabkan oleh serangan hama dan penyakit yang bersumber dari udara, binatang, atau faktor lingkungan lain. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi melon yang berkualitas secara kontinyu dengan kuantitas yang tinggi per tanamannya adalah budidaya dengan sistem hidroponik. Hidroponik merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam teknik budidaya secara hidroponik antara lain pemilihan media tanam dan konsentrasi nutrisi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial 4 x 4 dengan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media tanam terbaik dijumpai pada media arang sekam + pasir yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman melon. Konsentrasi nutrisi Hydro-J Melon terbaik yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman melon dijumpai pada 9 cc/L. Terdapat interaksi antara jenis media tanam dengan konsentrasi nutrisi Hydro-J Melon terhadap bobot buah, yaitu pada jenis media tanam cocopeat + arang sekam dan konsentrasi nutrisi Hydro-J Melon 9 cc/L. Kata Kunci : Hidroponik, media tanam, konsentrasi nutrisi, melon.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) AKIBAT BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI HYDRO-J SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT (Mirza Helmi, 2017)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUAH MELON (CUCUMIS MELO L) TEROLAH MINIMAL DENGAN PENDEKATAN PERSAMAAN ARRHENIUS (Fatimah Syakban, 2018)

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.) AKIBAT JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI AB MIX DENGAN HIDROPONIK WICK SYSTEM (Rina Ulviana, 2016)

RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI MELON (CUCUMIS MELO L.) AKIBAT PEMANGKASAN DAN PENGATURAN JUMLAH BUAH (SRI REZEKI SIREGAR, 2018)

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK BONGGOL PISANG AYAM TERHADAP VIABILITAS BENIH MELON (CUCUMIS MELO L.) PADA SRESS SALINITAS (Hamiyati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy