//

PERAN DESAINER DALAM MERANCANG BUSANA BERNUANSA ETNIS ACEH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahayu faulana harmas - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harmas, Faulana, Rahayu. 2016. Peran Desainer Dalam Merancang Busana Bernuansa Etnis Aceh di Kota Banda Aceh. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Mukhirah, M. Pd., (2) Dra. Aya Sophiana Kata Kunci: desainer, desain, busana etnis aceh Desainer adalah seseorang yang menciptakan suatu karya berdasarkan ide kreatif yang nantinya ide tersebut akan diaplikasikan dalam bentuk visual baik untuk di pertontonkan maupun dijual. Belakangan ini banyak dijumpai desainer atau perancang busana yang mengangkat tema budaya tidak hanya sekedar dalam gambaran sketsa busana melainkan sudah diwujudkan dalam bentuk busana jadi. Namun demikian belum semua desainer menerapkan hal-hal yang berkaitan dengan etnis Aceh pada rancangannya, padahal dengan mengangkat unsur budaya di dalam rancangannya hal tersebut bisa menjadi suatu daya tarik dan mencerminkan identitas desainer Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah alasan desainer dalam merancang busana bernuansa etnis Aceh di kota Banda Aceh, faktor-faktor yang mempengaruhi desainer dalam merancang busana bernuansa etnis Aceh, dan model rancangan dan motif Aceh yang dibuat oleh desainer untuk berbagai kesempatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang, yang semuanya merupakan desainer di kota Banda Aceh. Minat desainer dalam mengembangkan serta melestarikan budaya bernuansa etnis Aceh melalui busana juga memiliki peran yang sangat penting, alasannya adalah karena para desainer ingin mengembangkan motif dan bahan bernuansa Aceh melalui peragaan busana. Faktor yang mempengaruhi para desainer karena adanya permintaan konsumen. Bentuk ragam yang dikembangkan dari motif Aceh seperti motif pucok rebong, pinto Aceh, emun berangkat, lempang ketang, awan siuen, dan lain-lain dengan bahan seperti tafetta, organdi, katun, jim thomson, batik, dan songket. Lalu jenis busana yang dirancang berupa busana pesta, busana semi-formal, busana kerja, busana adat, dan busana pengantin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KREATIVITAS DESAINER DI KOTA BANDA ACEH (ASNITA MAGHRIFAH, 2018)

MODIFIKASI SILUWEUE MEUTUNJONG PADA BUSANA PESTA BAGI REMAJA PUTRI DI KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH (Maya Hardiana, 2016)

PENGEMBANGAN MOTIF HIAS ACEH PADA BUSANA ADAT PENGANTIN DI KOTA BANDA ACEH (Anggia Mustika, 2016)

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

SEKOLAH MODE DI BANDA ACEH (SITI SARAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy