//

PERUBAHAN PH SALIVA BUATAN SETELAH DIPAPARKAN DENGAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) DAN EKSTRAK ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA L) BERDASARKAN KONSENTRASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wulanti Windasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Wulanti Windasari Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Perubahan pH Saliva Buatan Setelah dipaparkan dengan Ekstrak Jahe (Zingiber officinale roscoe) dan Ekstrak Asam Jawa (Tamarindus indica L) Berdasarkan Konsentrasi Jahe dan asam Jawa merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan, selain sebagai bumbu masakan, juga digunakan dalam industri obat dan jamu tradisional. Makanan atau minuman yang kita konsumsi dapat menyebabkan pH saliva bersifat asam ataupun basa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan pH saliva buatan setelah dipaparkan dengan ekstrak jahe dan ekstrak asam Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris, dengan desain pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah saliva buatan, ekstrak jahe dan ekstrak asam jawa yang dibagi menjadi 4 konsentrasi yaitu 100%, 50%, 25% dan 12,5%. Metode penelitian, 10 ml saliva buatan dipaparkan dengan 5 ml ekstrak jahe dan 5 ml ekstrak asam Jawa pada setiap konsentrasi selama 5 menit, dengan 3x pengulangan. Analisis data menggunakan anova test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan (penurunan) pH saliva buatan setelah dipaparkan dengan ekstrak jahe dan ekstrak asam Jawa pada setiap konsentrasi, dengan p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE)RNTERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (NENDA SRIWIDASARI, 2014)

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Ana Farhana, 2015)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (FADILLA RAIFANA, 2015)

DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA LINN)TERHADAP PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Rahmi Hayati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy