//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS LV SD NEGERI 33 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nurul rahmah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MAKE A MATCH TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Sumber Daya Alam dengan Lingkungan Di Kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh” ini mengangkat masalah: 1) Bagaimana aktifitasi siswa dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh?, 2) Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan dapat mencapai ketuntasan belajar siswa di kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui aktifitasi siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh. 2) Untuk Mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang, sedangkan sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh yang jumlahnya 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrument yaitu: lembar observasi aktifitas siswa, dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan mengunakan rumus persentase. Setelah data dianalisis diperoleh kriteria setiap syarat-syarat yang diharapkan dalam pembelajaran yaitu: aktifitas siswa selama pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match meningkat pada setiap pertemuan yaitu pertemuan pertama 3 kategori baik, pertemuan ketiga 3,6 kategori baik sekali, dan pertemuan yang ketiga 3,7 kategori baik sekali serta ketuntasan belajar siswa adalah tuntas sebesar 93,33%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan menunjukkan bahwa aktifitas siswa baik sekali dan mencapai ketuntasan belajar siswa, ini terlihat dari tes hasil belajar siswa yang melebihi rata-rata.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MEMAHAMI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH (SAPRIATON SAKDIAH, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR RNSISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHANRNDI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Yusmaniar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy