//

KONTROL SOSIAL TOKOH MASYARAKAT DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI DESA SUKAMAKMUR KECAMATAN SEMADAM KABUPATEN ACEH TENGGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Ayu Astria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perubahan dan perkembangan zaman telah semakin banyak membawa permasalahan di dalam kehidupan sosial masyarakat, salah satunya adalah perilaku menyimpang atau kenakalan remaja. Untuk mengembalikan kehidupann yang tak terarah menjadi kehidupan yang teratur dari perilaku amarol tentunya tidak lepas dari peran Tokoh Masyarakat. Mereka merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh di dalam kehidupan sosial masyarakat dalam memberikan kontrol sosial di suatu Desa tempat mereka tinggal. Kontrol sosial dalam tulisan ini mengarah pada Kontrol Sosial Tokoh Masyarakat dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Suka Makmur Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara.tujuan dalam penelitian ini untuk melihat peren kontrol sosial tokoh masyarakat dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Suka Makmur dan melihat bagai mana faktor yang mempengaruhi kontrol sosial tokoh masyarakat dalam mengatasi kenakalan remaja. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kontrol Sosial yang di kemukakan oleh Horton dan Hunt. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian tepatnya di Desa Suka Makmur Kecamatan Semadan Kabupaten Aceh Tenggara. Proses pengambilan data di lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini telah di tetapkan sebelumnya yang berjumlah 6 ( enam ) orang yang terdiri dari 2 (dua) orang Tokoh Agama (Islam dan Kristen) , 2 (dua) orang Tokoh Adat (Jawa dan Gayo), 1(satu) orang Cendikiawan, dan Kepala Desa yang merupakan informan kunci dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan bahwa peran Tokoh Masyarakat dalam melakukan proses kontrol sosial terkait dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Suka Makmur tidak terlepas dari dua sifat pengendalian di antaranya yaitu; Preventif dan juga refresif, arahan ,bimbingan, nasehat, sampai kepada teguran, dan juga sanksi di berlakukan dalam proses pencegahan dan pengendalian remaja dari perilaku menyimpang di Desa Suka Makmur. Proses pengontrolan yang di berikan Tokoh Masyarakat tidak akan mungkin sepenuhnya mampu berjalan dengan efektif apabila tidak di bantu oleh warga kelompok masyarakat, sehingga dalam proses pengendalian kontrol sosial Tokoh Masyarakat Tentu ada namanya Faktor yang mempengaruhi, Baik itu dari faktor internal dan eksternal dari remaja itu sendiri. Yang merupakan bentuk kesadaran bersama baik dari dalam diri remaja Desa Suka Makmur, Keluarga Yang Memiliki anak remaja serta seluruh komponen warga masyarakat yang ada agar mampu memberikan contoh bagi remaja-remaja yang ada di Desa lain khusunya di Kecamatan Semadan Kabupten Aceh Tenggara. Kata kunci: Kontrol sosial, tokoh masyarkat, kenakalan Remaja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA (A. M. Munawwarah, 2015)

GAMBARAN KENAKALAN REMAJA DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Azziyarni Uchra, 2016)

SISTEM LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMK KOTA BANDA ACEH) (Susiana, 2014)

PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA OLEH TOKOH MASYARAKAT DESA SUAQ BAKONG KECAMATAN KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN (RIZKI FEBRIADI, 2014)

KONTROL SOSIAL DALAM PELAKSANAAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN KEPADA ANAK (SUATU PENELITIAN DI DESA LAMBATEE KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurul Afridayani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy