//

PERBANDINGAN METODE RESTRICTED MATING DAN FITNESS SHARING UNTUK MENJAGA DIVERSITY DALAM PENYELESAIAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA BEREVOLUSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Feri Susilawati - Personal Name
SubjectCOMPUTER ENGINEERING
ALGORITHMS - COMPUTER PROGRAMMING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister Teknik Elektro Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Travelling Salesman Problem (TSP) banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam menentukan keputusan terbaik maupun dalam mendapatkan solusi yang optimum. Tetapi dalam permasalahan TSP bukan hanya output terakhir yang akan didapatkan. Proses dalam pencapaian solusi ini juga harus diperhatikan. Seperti halnya pada penelitian ini, dalam menganalisa dan mengetahui bagaimana pengaruh komponen Algoritma Berevolusi seperti metode Restricted Mating dan Fitness Sharing ke dalam pencarian rute terpendek. Kedua metode tersebut akan mempengaruhi tingkat diversity dari populasi. Pengujian pada algoritma yang diusulkan menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam mencapai nilai optimum, sehingga dapat dikatakan Restricted Mating dapat meningkatkan nilai fitness dengan nilai yang lebih optimum dibandingkan dengan Fitness Sharing sedangkan dalam meminimalkan kesamaan individu dalam populasi pada setiap generasi Restricted Mating dan Fitness Sharing memiliki kemampuan yang sama. Kata Kunci : Travelling Salesman Problem, Algoritma Berevolusi,Restricted Mating, Fitness Sharing, Diversity. 

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STRATEGI PERGANTIAN STEADY STATE DAN GENERATIONAL DALAM ALGORITMA BEREVOLUSI UNTUK PENYELESAIAN TSP (munawir, 2016)

BIPOPULATION BASED SEARCH DALAM PENYELESAIN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (Said Mustafa, 2018)

PERFORMANCE ANALYSIS OF COMPUTER CLUSTERS AND NON-CLUSTER (Aridhatullah, 2015)

PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, COMPUTER SELF EFFICACY DAN COMPUTER ANXIETY DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAPPEDA PROVINSI ACEH (Romi Maulana , 2016)

IMPLEMENTASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM PADA OPTIMALISASI PENDISTRIBUSIAN KORAN DI WILAYAH BANDA ACEH (STUDI KASUS: DISTRIBUSI KORAN SERAMBI INDONESIA) (Riska Mulyana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy