//

PERUBAHAN MUTU TOMAT (LYCOPERSICON ESCULENTUM MILL.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI GEL LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) DAN SUHU PENYIMPANAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Marwina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk melihat lama umur simpan buah tomat dengan menggunakan lapisan gel lidah buaya (Aloe vera L.) dengan berbagai variasi konsentrasi dan variasi suhu penyimpanan. Penelitian ini me nggunakan tomat dengan tingkat kematangan optimum. Pada variasi konsentrasi gel lidah buaya (A) terdiri atas 4 perlakuan, yaitu tanpa gel lidah buaya (A1), konsentrasi 30% (A2), konsentrasi 50% (A3) dan konsentrasi 70% (A4), dan variasi penyimpanan yaitu suhu penyimpanan (B) terdiri atas 2 perlakuan, yaitu suhu B1 suhu ruang (28oC) dan B2 (suhu rendah 10oC ). Analisa data yang diamati meliputi susut bobot, kekerasan, vitamin C, total padatan terlarut, dan uji organoleptik (warna, tekstur, dan aroma). Dari hasil penelitian didapatkan perlakuan terbaik pada tomat dengan perlakuan konsentrasi gel lidah buaya 30% pada penyimpanan suhu rendah 10ºC masih diterima konsumen hingga hari ke 21. Penyimpanan perlakuan terbaik pada hari ke-12 untuk analisis susut bobot terdapat pada perlakuan konsentrasi gel lidah buaya 30% yang disimpan pada suhu 10ºC dengan nilai 15,52%, untuk analisis presentase kekerasan perlakuan terbaik terdapat pada konsentrasi 30% pada suhu rendah 10ºC nilai yaitu 1.357 kg/cm2, dan analisis vitamin C perlakuan terbaik terdapat pada konsentrasi 30% pada suhu rendah 10ºC nilai 1,42 mg/50gr, sedangkan TPT perlakuan terbaik terdapat pada suhu rendah 10ºC dengan perlakuan tanpa konsetrasi gel lidah buaya nilai presentase yaitu 4,40 %Brix. Dari hasil pengujian organoleptik, panelis menolak tomat dengan perlakuan konsentrasi gel lidah buaya 30% yang disimpan pada suhu ruang 28oC pada hari penyimpanan ke-12, sedangkan pada penyimpanan suhu rendah 10oC panelis menolak tomat dengan konsentrasi gel lidah buaya 30% pada hari penyimpanan ke-21.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (M NAUFAL ASYRAF, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Sartika, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS SEL β PANKREAS TIKUS HIPERGLIKEMIK (Irdalisa, 2015)

PENYIMPANAN BUAH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA LINN) TEROLAH MINIMAL MENGGUNAKAN GEL LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) (Rahmat Mulyana Amijaya, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIPIRETIK INFUSA LIDAH BUAYA (ALOE VERA LINN) PADA MENCIT JANTAN (MUS MUSCULUS) (Gita Mentari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy