//

PENGARUH PENGGUNAAN WETFIX-BE SEBAGAI ZAT ADITIF TERHADAP PERMEABILITAS PADA ASPAL PORUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulyatun Nisak - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aspal porus merupakan campuran beraspal dengan persentase agregat kasar yang besar. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya usia pelayanan karena rongga mudah tersumbat oleh debu/pasir. Salah satu alternatif penanggulangannya dengan cara menambahkan zat aditif ke dalam campuran aspal, salah satu zat aditif yang dapat digunakan dalam campuran aspal yaitu Wetfix-BE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Wetfix-BE sebagai zat aditif terhadap permeabilitas aspal porus. Material yang digunakan pada penelitian ini adalah aspal shell penetrasi 60/70, agregat batu pecah dan zat aditif Wetfix-BE. Gradasi yang digunakan gradasi terbuka dengan kadar aspal yang digunakan adalah 4,5%; 5,0%; 5,5%; 6,0% dan 6,5%. Penentuan kadar aspal optimum (KAO) campuran aspal porus menggunakan metode Australia dengan parameter VIM, cantabro loss dan asphalt flow down. Pengujian yang dilakukan adalah uji Marshall, cantabro loss, asphalt flow down untuk mendapatkan KAO dan uji permeabilitas pada kondisi KAO. Untuk masing-masing pengujian tersebut dibuat 15 benda uji untuk parameter Marshall, 15 benda uji tes cantabro loss dan15 benda uji tes asphalt flow down. Setelah KAO diperoleh, selanjutnya diibuat 3 benda uji untuk Pengujian permeabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai permeabilitas dengan penambahan Wetfix-BE ke dalam campuran aspal lebih baik dibandingkan tanpa Wetfix-BE. Nilai permeabilitas diperoleh sebesar 0,214 cm/detik. Nilai kadar aspal optimum (KAO) diperoleh sebesar 5,631% yang meliputi nilai VIM sebesar 17,82%, cantabro loss sebesar 19,07% dan asphalt flow down sebesar 0,25%. Sedangkan untuk parameter Marshall diperoleh nilai stabilitas sebesar 276,82 kg, flow 5,1 mm, density 2,03 gr/cm3, MQ 167,68 kg/mm. Kata Kunci : Aspal porus, asphalt flow down, cantabro loss, permeabilitas, Wetfix-BE

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMANASAN ULANG BETON ASPAL DENGAN MENGGUNAKAN ZAT ADITIF TERHADAP PARAMETER MARSHALL (MULKI RAPRANATAGA, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI STYROFOAM SEBAGAI BAHAN PENGIKAT TERHADAP PERMEABILITAS DAN RNDURABILITAS CAMPURAN ASPAL PORUS (Lathifah Husna, 2014)

KINERJA CAMPURAN AC-WC TERHADAP LALU LINTAS BERAT MENGGUNAKAN ASPAL SHELL 60/70 DENGAN BAHAN TAMBAH WETFIX-BE SEBAGAI PENGIKAT (Zakky Syah Putra, 2017)

PEMANFAATAN GONDORUKEM KE DALAM ASPAL PENETRASI 60/70 PADA CAMPURAN ASPAL PORUS (Affirnando Selian, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN GONDORUKEM SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI KE DALAM CAMPURAN ASPAL PORUS PADA PENGUJIAN MARSHALL DAN ASPHAL (Asrarul Maula, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy