//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mukhlisah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mukhlisah. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Musafir Kumar, M.Si., (2) Dr. Cut Morina Zubainur, M.Pd. Kata kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar. Matematika merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan kecerdasan inteligensi. Namun untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran matematika, perlu memperhatikan aspek kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional, bentuk linieritas kedua varaiabel, serta hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif (Mix Method) yaitu Explanatory Mixed Methods Design, serta jenis penelitian korelasi Rank Spearman. Subjek penelitian dipilh secara purposive yaitu 3 kelas yang terdiri atas 2 kelas IA dan 1 kelas IS yang berjumlah 94 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kecerdasan emosional dan dokumentasi guru dari nilai tes hasil belajar induksi matematika. Kecerdasan emosional meliputi: self awareness, self management, motivation, empathy, dan relationship management.. Simpulan penelitian ini adalah tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh termasuk kategori tinggi (76,6%), hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh tidak berbentuk linier dan tidak adanya hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM (M. Rizki Ramadhan, 2018)

PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAPRNHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIRNSMP NEGERI 1 BANDA ACEHRNTAHUN AJARAN 2014/2015 (NANI SURYANI, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH (Zulkarnaini, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy