//

PENGARUH IKATAN PRIMORDIAL TERHADAP KEMENANGAN KELIMAH DALAM MEMPEROLEH KURSI DPRK NAGAN RAYA PADA PEMILU 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. SYUKUR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M. SYUKUR, 2016 PENGARUH IKATAN PRIMORDIALISME TERHADAP KEMENANGAN KELIMAH DALAM MEMPEROLEH KURSI D PRK NAGAN RAYA PADA PEMILU 2014 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Radhi Darmansyah, M.Sc) (xiii, 59). pp, bibl., app. Nagan Raya merupakan salah satu kabupeten di Provinsi Aceh hasil pemekaran dari Kabupeten Aceh Barat berdasarkan Undang-Undang No. 4 tahun 2002. Pemilu tahun 2014 adalah pemilu ketiga yang digelar di Kabupten tersebut. Partai Golkar salah satu peserta pemilu, salah satu calon diusung untuk anggota DPRK Nagan Raya adalah Hj. Kelimah S.Sos yang merupakan istri dari Drs. HT. Zulkarnaini, Bupati dan Ketua DPD II Partai Golkar Nagan Raya. Latar belakang Hj. Kemilah bukanlah penduduk asli Nagan Raya, tetapi pindah setelah menikah dengan Drs. HT. Zulkarnaini. Namun pada pemilu tahun 2014 untuk anggota DPRK Nagan Raya dapat memperoleh suara melebihi Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) yang hampir cukup untuk dua kursi. Suara yang diperoleh jauh mengalahkan penduduk asli Nagan Raya yang ikut pemilu untuk DPRK Nagan Raya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ikatan primordialisme terhadap kemenangan Hj. Kelimah pada pemilu tahun 2014 untuk anggota DPRK Nagan Raya, serta mengetahui hambatan apa saja yang dialami selama proses pemilihan umum legislatif tahun 2014. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dan kepustakaan, di mana data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang meliputi hasil wawancara, observasi, sedangkan data sekunder, berupa dokumen baik dalam bentuk elektronik maupun cetak, undang-undang, skripsi, artikel dan jurnal yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukan bahwasanya kemenangan Hj. Kelimah karena adanya pengaruh ikatan primodialisme dalam masyarakat Nagan Raya, sealin itu juga faktor ketokohan Drs. HT. Zulkarnaini, sering bersosialisasi dengan masyarakat juga ditunjang kemampuan personal yang dimilikinnya. Hambatan yang selama proses pemilu, masih ada yang mempersoalkan masalah perempuan menjadi pemimpin, persaingan dalam satu dapil dengan adik kandung kandung Drs. HT. Zulkarnaini, disamping itu juga adanya money politic. Diharapkan penyelenggara pemilu meningkatkan edukasi politik pada pemilih, masyarakat harus berani melapor setiap pelanggaran pemilu dan partai politik lebih aktif menjalankan fungsinya. Kata Kunci: Hj. Kelimah, DPRK Nagan Raya, Pemilu, dan Primordialisme

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMENANGAN PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN GAYO LUES (SAHAR, 2016)

POLITIK DINASTI AMPON BANG DI NAGAN RAYA (Izwar, 2017)

STRATEGI PEMENANGAN KURSI DPRK PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN BIREUEN (SYAHRIZAL, 2015)

STRATEGI PEMENANGAN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) DI KABUPATEN BENER MERIAH (STUDI PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014) (Raudhi, 2017)

PENINGKATAN ELEKTABILITAS PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mujiburrahman , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy