//

KEBIJAKAN PEMERINTAH PIDIE TERKAIT PENAMBANGAN EMAS ILLEGAL DI KECAMATAN MANE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK MULIANI, 2016 Kebijakan Pemerintah Pidie Terkait Penambangan Emas Illegal Di Kecamatan Mane Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (xii-54), pp., bibl., app Radhi Darmansyah M.Sc Kecamatan Mane adalah salah satu kecamatan yang terletak di kabupaten Pidie. Di kecamatan Mane terdapat wilayah pertambangan emas yang dikelola secara illegal oleh masyarakat. Area pertambangan emas yang dikelola secara illegal oleh masyarakat dapat membahayakan masyarakat sekitar dan para pekerja tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan Pemerintah Pidie terkait penambangan emas illegal di Kecamatan Mane serta bagaimana respon masyarakat Mane terhadap kebijakan pemerintah Pidie terkait penambangan emas illegal di Mane. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan. Penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai informan-informan yang terkait dengan penelitian, serta menganalisis dokumen-dokumen yang diperoleh saat melakukan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pidie belum mampu merumuskan kebijakan yang efektif terhadap wilayah pertambangan emas illegal yang ada di kecamatan Mane. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu lokasi pertambangannya yang sangat jauh dari pusat kecamatan dan sulit dilalui. Hambatan lain muncul dari masyarakat yaitu rendahnya tingkat pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan tempat sekitar. Pemerintah Kabupaten Pidie akan melakukan upaya paksa untuk mencegah kerusakan lingkungan yang terjadi di Mane akibat tambang illegal dan juga akan mencari solusi terbaik mengenai tambang emas tersebut agar masyarakat bisa merespon dengan positif setiap kebijakan tersebut. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Pidie ialah menutup tambang tradisional masyarakat, menyampaikan surat teguran kepada masyarakat yang melanggar peraturan dan melakukan sosialisasi mengenai dampak dari pertambangan. Kata Kunci: Pidie, Pertambangan Emas Illegal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH JAYA DALAM PENGELOLAAN PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT(STUDI KASUS PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KRUENG SABEE) (AMINAH, 2014)

PERAN PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE DALAM MENANGGULANGI ILLEGAL LOGGING (STUDI ANALISIS DI KECAMATAN TANGSE DAN GEUMPANG MENURUT PERSPEKTIF POLITIK LINGKUNGAN) (MUHAMMAD ROZAKI, 2016)

PENERAPAN KETENTUAN PIDANA TERHADAP TINDAKRNPIDANA PENAMBANGAN EMAS TANPA IZIN (SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN ACEH JAYA) (supriadi, 2015)

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENAMBANGAN EMAS DI KAWASAN HUTAN TANPA IZIN (WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE) (RIZKY AULIA FITRI, 2018)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE DALAM PERBAIKAN TATA RUANG DI WILAYAH KECAMATAN KOTA SIGLI (Rizki Zaufan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy