//

ANALISA TERHADAP PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGOLAHAN PALA DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (STUDI KASUS DI UD. MESTIKA PALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyuda Mufriadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hubungan kerja adalah hubungan antara pemilik usaha dengan pekerja dimana kedua belah pihak mempunyai kepentingan masing-masing. Bagi pemilik usaha hubungan kerja ini memberikan keuntungan secara material sedangkan bagi pekerja mendapatkan upah atau uang yang akan diterimanya. Hubungan kerja ini bukan hanya di landaskan pada hubungan ekonomi melainkan juga terdapat hubungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan kerja antara pemilik usaha dengan pekerja. Penelitian ini juga untuk mengetahui hubungan di luar jam kerja serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan UD. Mestika Pala di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan teori Pertukaran Sosial dari George Homans, yang menjelaskan bahwa pertukaran ini dilandaskan pada transaksi ekonomi yang bersifat timbal balik serta juga menjelaskan semua perilaku sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan ekonomi dan hubungan sosial yang terjalin keduanya. Pada hubungan ini dibutuhkan sifat kejujuran dan kerajinan sehingga akan mendapatkan kepercayaan dari pemilik usaha. Hubungan sosial diluar jam kerja akan saling menghargai ketika kedua belah pihak mendapatkan nilai dari hubungan ini. Dengan adanya kepercayaan maka disaat pekerja membutuhkan bantuan akan langsung dibantu oleh pemilik usaha. Jika dilihat komunikasi diluar jam kerja akan bersifat tidak kaku karena bagi pemilik usaha semua pekerja sudah dianggap sebagai keluarga sendiri begitupun sebaliknya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan Industri Rumah Tangga UD. Mestika Pala. antara lain strategi-strategi atau kebijakan yang akan diterapkan. Kata Kunci : Hubungan Kerja, Pemilik Usaha, Pekerja, Industri Rumah Tangga

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDAPATAN PENGUSAHA MANISAN BUAH PALA DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN. (Asrul Hadi, 2016)

PUSAT PENGOLAHAN PALA DI TAPAKTUAN (Lukky Hendriansyah, 2018)

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PEKERJA PEREMPUAN PENGOLAH PALA (STUDI KASUS DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN) (Rizki Andika, 2017)

TAMAN WISATA PALA DI ACEH SELATAN (Ega Puspita Dewi, 2017)

STUDI ETNOBOTANI PALA DI KABUPATEN ACEH SELATAN (cut windasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy