//

HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRUL MUSTAFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hipertensi yang tidak terkontrol masih menjadi masalah kesehatan masyarakat sampai sekarang. Kepatuhan minum obat merupakan kunci utama pengendalian hipertensi. Namun, faktor yang paling mempengaruhi kepatuhan minum obat dan pengendalian hipertensi belum sepenuhnya dimengerti. Selfefficacy, yang secara luas digunakan sebagai sebuah konsep psikososial, dikaitkan dengan kemampuan untuk mengelola penyakit kronis termasuk hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi yang menjalani rawat jalan di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional study. Sebanyak 61 penderita hipertensi telah menyelesaikan kuesioner untuk mengukur kepatuhan minum obat,keadaan medis dan data sosiodemografi, sekaligus mengukur self-efficacy dalam mengelola hipertensi. Sebanyak 61,7% responden memiliki self-efficacy yang kurang baik dan 53,3% responden memiliki kepatuhan minum obat yang rendah. Sebanyak 16 dari 23 responden yang memiliki self-efficacy yang baik (69,6%) juga memiliki kepatuhan minum obat yang tinggi, sedangkan 26 dari 38 responden yang memiliki self-efficacy yang kurang baik (68,4%) juga memiliki kepatuhan minum obat yang rendah. Berdasarkan hasil analisa statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di Puskesmas Kuta Banda Aceh, (P value= 0,004 dengan α = 0,05). Kata kunci: kepatuhan minum obat, hipertensi, self-efficacy

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA GAGAL JANTUNG KRONIK (Cut Thalya Alissya Rahma, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT)DI RSUD DR. HUSNI THAMRIN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL (Rolan Ronaldo, 2018)

PENGARUH KONSELING TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA HIPERTENSI DI KOTA LHOKSEUMAWE (MURSAL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy