//

PENGARUH VARIASI PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK BETON ASPAL DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF WETFIX-BE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hanan Hanifah - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap yang diperuntukkan bagi lalu lintas. Lapisan permukaan jalan pada lapisan permukaan mendukung beban kendaraan yang diterima oleh perkerasan dalam waktu yang lama. Lapisan permukaan yang baik yaitu lapisan yang kedap terhadap air. Akibat genangan air pada lapisan permukaan dapat mengurangi nilai keawetan. Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian dengan pengujian durabilitas atau perendaman yang dilakukan pada benda uji beton aspal dengan berbagai lama variasi rendaman pada waktu normal, 1 x 24 jam, 2 x 24 jam, dan 3 x 24 jam dengan suhu 60oC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai durabilitas dari perbedaan pengaruh lama variasi rendaman terhadap parameter Marshall dengan dan tanpa penambahan zat aditif antistripping agents Wetfix-BE. Penelitian ini menggunakan material batu alam gradasi, Retona Blend 55, zat aditif antistripping agents Wetfix-BE sebesar 0,3% mengambil nilai terbesar stabilitas dari penelitian terdahulu, Portland Cement sebagai filler, dengan lama variasi rendaman beton aspal AC-WC. Variasi kadar aspal yang digunakan pada penelitian ini adalah 5%; 5,5%; 6%; 6,5%; 7% dengan 15 benda uji. Penelitian menggunakan metode parameter Marshall untuk mendapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO). Nilai KAO yang didapat dari variasi kadar aspal ini sebesar 5,8%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan lama waktu perendaman menurunkan nilai durabilitas dan parameter Marshall. Nilai durabilitas semakin menurun pada waktu perendaman yang semakin lama yaitu pada 3 x 24 jam tanpa penambahan zat aditif Wetfix-BE sebesar 79,60%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMANASAN ULANG BETON ASPAL DENGAN MENGGUNAKAN ZAT ADITIF TERHADAP PARAMETER MARSHALL (MULKI RAPRANATAGA, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN WETFIX-BE PADA ASPAL PENETRASI 60/70 TERHADAP KINERJA BETON ASPAL BERGRADASI TERBUKA (Annisa Nur Arista , 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN WETFIX-BE SEBAGAI ZAT ADITIF TERHADAP PERMEABILITAS PADA ASPAL PORUS (Ulyatun Nisak, 2016)

KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL DENGANRN PENAMBAHAN ADITIF ANTI PENGELUPASAN MENGGUNAKAN RNAGREGAT HALUS BATU PECAH DAN PASIR ALAM (Reza Rezki, 2015)

KINERJA CAMPURAN AC-WC TERHADAP LALU LINTAS BERAT MENGGUNAKAN ASPAL SHELL 60/70 DENGAN BAHAN TAMBAH WETFIX-BE SEBAGAI PENGIKAT (Zakky Syah Putra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy