//

UPAYA ORANG TUA DALAM MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA ( STUDI DIKECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulva Mutia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK UPAYA ORANG TUA DALAM MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA(Studi di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya)Anak balita harus mendapatkan perhatian serius dalam hal kesehatannya. Upaya orang tua dalam menjaga kesehatan dalam bentuk perhatian terhadap gizinya, pencegahan penyakitnya, pengobatannya agar terpenuhi secara maksimal agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui pengetahuan orang tua tentang kesehatan anak balita di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Kedua, untuk mengetahui upaya orang tua dalam menjaga kesehatan anak balita di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana yang menjadi informan adalah masyarakat Kecamatan Sampoiniet. Informan ini diperoleh dengan metode purposive sampling.Untuk menganalisis penelitian, peneliti menggunakan teori Fungsional Struktural merupakan sebuah teori sosiologi yang dicetuskan oleh Talcott Parsons. Hasil penemuan dari penelitian ini yaitu : 1) Pengetahuan orang tua masih minim tentang bagaimana cara menjaga kesehatan anak. Karena pada posyandu yang tidak diadakan setiap bulan jadi orang tua tidak mengerti bagaimana menjaga kesehatan anak balita. Dan pemenuhan gizi anak terkendala pada keterbatasan ekonomi orang tua sehingga kebutuhan makanan bergizi anak terabaikan. 2) Upaya orang tua dalam manjaga kesehatan anak ialah orangtua mengikuti penyuluhan tentang kesehatan anak di tempat posyandu, membawa anak-anak balita ke posyandu untuk penimbangan berat badan, penentuan status pertumbuhan penyuluhan kesehatan balita, dan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin. Memberi makan tiga kali sehari, membari buah-buahan, memberi susu, memberi vitamin, memandikanya tiga kali sehari, mandi memakai sabun, berusaha menidurkan anak tepat waktu, membawa ke puskesmas bila anak-anak sakit. Kata Kunci : Upaya, Kesehatan, Anak Balita

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGAPAN DAN SIKAP IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMBINAAN KESEHATAN ANAK BALITA DI GAMPONG KULAM KECAMATAN MEURAH DUARN KABUPATEN PIDIE JAYA (rahmayani, 2014)

STATUS GIZI MALNUTRISI ANAK BALITA DARI IBU BERPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI TK NANGGROE GAMPONG MEUNASAH JURONG KABUPATEN PIDIE JAYA (SHARA HIDAYATUL MAQFIRAH, 2018)

KAJIAN PENANGANAN GIZI BALITA PADA KONDISI KEDARURATAN BENCANA BANJIR DI KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Salmayati, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK BALITA DI DESA LIMPOK ACEH BESAR (Afrindah Sari, 2014)

FAKTOR PENYEBAB GIZI BURUK PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE (RAFDIAN PUTRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy