//

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENYUSUNAN BASIS DATA TINGKAT BAHAYA EROSI SUB DAS KRUENG KEUMIREU KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulidawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Erosi menyebabkan hilangnya lapisan tanah yang subur dan baik untuk pertumbuhan tanaman serta berkurangnya kemampuan tanah untuk menyerap dan menahan air. Sistem informasi geografis dapat mempermudah proses pengolahan data, overlay (data erosivitas hujan, peta jenis tanah, peta kelerengan, peta penggunaan lahan) dan pembuatan peta. Sedangkan basis data tingkat bahaya erosi untuk menyajikan tampilan serta informasi dari tingkat bahaya erosi. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem informasi basis data TBE serta menyediakan informasi TBE dalam bentuk peta dengan menggunakan Visual Basic.Net 2010 di Sub DAS Krueng Keumireu. Hasil penelitian menunjukkan tingkat bahaya erosi pada Sub DAS Krueng Keumireu kategori Ringan seluas 15.644,070 ha (52,00 persen), sedangkan kategori Sedang seluas 1.864,524 ha (6,20 persen). Pemrograman basis data menghasilkan tampilan peta jenis tanah, peta kemiringan lereng, peta penggunaan lahan, peta solum tanah, peta tingkat bahaya erosi dan informasi tingkat bahaya erosi berdasarkan kecamatan pada Sub DAS Krueng Keumireu dengan menggunakan Visual Basic.Net 2010. Pengevaluasian program basis data tingkat bahaya erosi sudah dilakukan dan berjalan dengan baik. Evaluasi program dilakukan dengan menjalankan program aplikasi. Apabila source code yang dimasukkan salah (keliru), maka sistem informasi tidak dapat dijalankan dan apabila source code yang dimasukkan benar, maka sistem informasi tingkat bahaya erosi pada Sub DAS Krueng Keumireu dapat dijalankan dan menampilkan informasi kepada pengguna informasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREDIKSI TINGKAT BAHAYA EROSI DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (M HARIS SYAHPUTRA, 2018)

PREDIKSI TINGKAT BAHAYA EROSI PADA BERBAGAI TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI DAS KREUNG GEUPUE KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Khairom Munzir, 2017)

KAJIAN EROSI DAN ARAHAN KONSERVASI DAS MEUREUDU MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (Ummi Kalsum, 2017)

ANALISIS EROSI DAN SEDIMENTASI LAHAN PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE (NADIA REZKYNA, 2018)

PREDIKSI EROSI DI SUB-SUB DAS MEULEUSONG DAN ALUE PINEUNG SUB DAS KRUENG JREU, KABUPATEN ACEH BESAR (Anfal Bakhtiar , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy