//

DESAIN PROTOTIPE KURSI LIGHT FOLLOWER DENGAN PENGATURAN KECEPATAN BERDASARKAN TINGKAT INTENSITAS CAHAYA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARIS AKBARSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas tentang desain prototipe kursi light follower dengan pengaturan kecepatan putar motor DC berdasarkan tingkat intensitas cahaya berbasis mikrokontroler ATmega328p. Prototipe ini memberikan solusi agar kursi dapat kembali ke bawah meja secara otomatis dengan memanfaatkan prinsip kerja robot light follower. Kursi dapat menghadap ke arah tegak lurus terhadap meja, serong terhadap meja, dan juga dapat membelakangi meja. Oleh karena arah kursi terhadap meja berbeda-beda dan juga letaknya bervariasi terhadap meja maka digunakan cahaya sebagai penentu arahnya karena pancaran cahaya mampu menjangkau area kursi yang bervariasi tersebut. Prototipe ini berfungsi jika kursinya berada di hadapan meja, prototipe ini tidak dirancang untuk berfungsi bila kursi berada di belakang meja. Untuk mendeteksi cahaya digunakan sensor LDR (Light Dependent Resistor). Sumber cahaya yang digunakan adalah sebuah LED (Light Emitting Diode) high power 1 W. Sebuah mikrokontroler ATmega328p digunakan untuk memproses data masukan dan keluarannya. Supaya bisa bergerak menuju cahaya, kembali ke bawah meja, maka digunakan dua unit motor DC yang digabungkan dengan roda. Sensor ultrasonik HC-SR04 digunakan untuk mendeteksi jarak terhadap meja di hadapannya sehingga kursi dapat berhenti pada posisi tegak lurus. Kursi berhenti pada jarak kecil atau sama dengan 10 cm dari hadapan meja. Dengan demikian, kursi dapat kembali ke posisi di bawah meja yang lebarnya 15 cm. Ada tiga variasi kecepatan putar motor DC yang dibuat untuk bergerak maju, yaitu 0%, 15%, dan 50% dari kecepatan penuhnya. Sedangkan untuk berbelok digunakan kecepatan 30%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALAT UKUR INTENSITAS CAHAYA MATAHARI (hasrati, 2016)

PERANCANGAN SISTEM KENDALI ROTASI SOLAR KOLEKTOR CEKUNG LINIER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 (abdul haris nasution, 2014)

PROTOTIPE PEMANFAATAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI PADA SISTEM OTOMASASI ATAP STADION BOLA (Andi Julisman, 2017)

PERANCANGAN SISTEM PENERANGAN LED SEBAGAI SUMBER CAHAYA PADA PENGUJIAN MODUL SURYA (Mitra Walidain, 2018)

RANCANG BANGUN SISTEM DATA LOGGER PERGERAKAN RNSEPEDA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P (YANSYAH PUTRA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy