//

PEMANFAATAN AMPAS TAHU DAN IKAN TONGKOL SEBAGAI SUBSTITUSI PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG MAIZENA DALAM PEMBUATAN NUGGET

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVA DEWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ampas tahu adalah limbah padat hasil indsutri pembuatan tahu. Ampas tahu masih layak dijadikan bahan pangan karena masih mengandung nutrisi seperti protein, lemak dan serat kasar. Salah satu pemanfaatan ampas tahu sebagai produk pangan adalah bahan pembuatan nugget. Bahan pengisi dalam pembuatan nugget ini adalah tepung meizena yang kaya akan karbohidrat dan berfungsi sebagai pengental dan bahan pengikat.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan dua (2) faktor yaitu perbandingan ampas tahu dan ikan tongkol (P) yang terdiri dari tiga taraf P1 = 0 : 1, P2 = 1,5 : 1, dan P3 = 3 : 1, dan konsentrasi tepung meizena (K) yang terdiri dari tiga taraf K1 = 30%, K2 = 40%, dan K3 = 50% dengan tiga ulangan.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Perlakuan perbandingan ampas tahu dan ikan tongkol (0 : 1, 1,5 : 1, dan 3 : 1) memberikan pengaruh nyata (P≤0,05) terhadap rendemen dan protein nugget, dan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar serat, dan organoleptik warna. Perlakuan perbandingan ampas tahu dan ikan tongkol (0 : 1, 1,5 : 1, dan 3 : 1) memberikan pengaruh sangat nyata terhadap organoleptik aroma nugget. Perlakuan konsentrasi tepung maizena memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap semua parameter yang diuji. Faktor interaksi antara perlakuan perbandingan ampas tahu dan ikan tongkol dan konsentrasi tepung meizena memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap semua parameter yang diuji. Jika dibandingkan dengan SNI, penelitian ini secara umum belum memenuhi standar mutu nugget yang telah ditentukan dalam SNI. Kata Kunci : Ampas tahu, Nugget, Maizena, Ikan tongkol  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN TEPUNG BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) SERTA LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU CRACKERS (Ridwan, 2017)

PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN KARAGENAN PADA PEMBUATAN BAKSO JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEAE) (Lutfi Alvian, 2017)

PENGARUH PROPORSI AMPAS TAHU DAN PENAMBAHAN TEPUNG BATU KAPUR DALAM PEMBUATAN BOKASI (Mirza Alfisyahrin, 2016)

ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN AYAM “ KALASAN” DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI DENGAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN SUPLEMENTASI PROBIOTIK DAN ACIDIFIER (ZULFIZAL, 2015)

PENGARUH RASIO TEPUNG AMPAS TAHU DAN TEPUNG KACANG HIJAU SERTA PERSENTASE SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU TERHADAP MUTU COOKIES (Muhammad Fadhil, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy