//

STUDI PERBANDINGAN PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI PENAMBANGAN BATUBARA PT. MIFA BERSAUDARA TAHUN 2015 DENGAN KEPDIRJEN MINERBA NO.579 TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deea Rizki Oziana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Biaya produksi merupakan sektor finansial yang penting untuk diketahui rinciannya karena biaya tersebut merupakan pengeluaran perusahaan yang paling besar sekaligus sumber pendapatan bagi perusahaan. Direktur Jendral Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) menetapkan Kepdirjen Minerba No. 579 Tahun 2015 tentang acuan biaya produksi batubara. Penelitian ini menghasilkan perhitungan biaya produksi batubara PT. Mifa Bersaudara secara aktual yang terjadi selama proses produksi berlangsung. Data yang digunakan merupakan data proses produksi tahun 2015. Biaya yang secara langsung terlibat dalam proses produksi (biaya langsung) yang diperhitungkan adalah kegiatan proses penambangan batubara dari pit atau front kerja hingga proses pengolahan batubara (coal handling). Biaya aktual penggalian tanah penutup adalah 1.83 USD/Bcm, selisih $0.58 dengan biaya pemerintah yaitu sebesar 2.41 USD/Bcm. Pengangkutan tanah penutup membutuhkan biaya sebesar 1.51 USD/Bcm/Km, lebih rendah $0.23 dari ketetapan pemerintah yaitu 1.74 USD/Bcm/Km. Besaran biaya penggalian batubara yang ditetapkan oleh Dirjen Minerba adalah sebesar 1.7 USD/ton, sedangkan biaya aktualnya lebih besar $0.29 yaitu 1.99 USD/ton. Biaya aktual pengangkutan batubara adalah 1.00 USD/ton/Km, pemerintah menetapkan harga sebesar 0.28 USD/ton/Km. Besaran biaya pengolahan batubara aktual adalah 0.67 USD/ton, selisih $1.31 dibandingkan dengan biaya yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 1.98 USD/ton. Hasil biaya produksi langsung adalah sebesar 6.47 USD/ton batubara, serta total biaya menurut perhitungan kepdirjen minerba 2015 adalah sebesar 24.95 USD/ton batubara ditambah dengan biaya pengangkutan dari stockpile pengolahan menuju stockpile PLTU atau FOB batubara. Selisih besaran biaya produksi adalah sebesar 1.7 USD/ton.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI-MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGANGKUTAN BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA KABUPATEN ACEH BARAT, ACEH (Chairunnas, 2018)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS EXCAVATOR RIPPER BUCKET DENGAN EXCAVATOR STANDARD BUCKET BERDASARKAN CYCLE TIME AKTUAL PADA KEGIATAN COAL GETTING DI PT MIFA BERSAUDARA, ACEH BARAT. (RIZKA AYUNDA, 2018)

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI MUAT DAN ANGKUT PENAMBANGAN BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA (T RYO ROSMANDA PARASAMIA, 2018)

KAJIAN BIAYA KEGIATAN REHANDLING DAN COAL CRUSHING DI SATUAN UNIT COAL CRUSHING PLANT (CCP) TAMBANG BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA, MEULABOH, ACEH BARAT (Muhammad Firdaus, 2018)

KAJIAN TEKNIS PERENCANAAN DAN BIAYA REKLAMASI PADA AREA LAHAN BEKAS TAMBANG DI PIT B PT MIFA BERSAUDARA MEULABOH ACEH BARAT (Muhammad At Thariq, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy