//

PERANCANGAN PURWARUPA MESIN PENGERING BUAH DENGAN ELEMEN PEMANAS INFRARED BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN SENSOR LM35

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mario Suardy - Personal Name

Abstrak/Catatan

Buah-buahan merupakan suatu sumber makanan yang sangat kaya akan sumber nutrisi baik itu vitamin, mineral, dan serat. Namun kebanyakan jenis buah-buahan ini tidak memiliki waktu penyimpanan yang lama karena terjadinya pembusukan, oleh karenanya perlu dilakukan pengawetan untuk menambah waktu penyimpanan buah sekaligus mempertahankan kadar nutrisi serta rasanya. Salah satu metode pengawetan buah ialah melalui proses pengeringan dengan mengurangi kadar airnya. Terdapat dua macam metode pengeringan yaitu alam dan buatan. Pengeringan alam ialah melalui proses pengeringan oleh sinar matahari yang sulit menghasilkan produk seragam, sedangkan pengeringan buatan ialah menggunakan mesin sebagai media pengering di lingkungan yang terkendali. Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah purwarupa mesin pengering buah yang dapat mengeringkan bermacam-macam buah, mesin ini bekerja menggunakan elemen pemanas infrared sebagai pengering dan arduino dengan sensor LM35 yang sebagai pengontrol suhu. Sehingga dengan metode ini buah dapat dikeringkan baik siang maupun malam hari dan menghemat penggunanaan daya listrik untuk penggunaan rumah tangga maupun industri. Kata Kunci : Arduino Uno, Pengering, Elemen Pemanas Infrared, Sensor Suhu LM35, Relai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN MESIN PENGERING HASIL PERTANIAN SECARA KONVEKSI DENGAN ELEMEN PEMANAS INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGAN SENSOR DS18B20 (El Zaky Rizki Hakim, 2017)

PERANCANGAN NEEDLE PROBE BERBASIS ARDUINO UNO (Ria Afziani Syafira, 2017)

PERANCANGAN RANGKAIAN KONTROL SUHU PADA OVEN DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR LM35 (Siti Zainab, 2013)

DESAIN DAN PEMBUATAN KONTROL OTOMATIS BEBAN LISTRIK RUMAH TANGGA BERBASIS MIKROKONTROLER (Rahmiati, 2015)

PERANCANGAN ALAT MONITORING DETAK JANTUNG DAN SUHU TUBUH BERBASIS ARDUINO DAN SMARTPHONE (SATRIADI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy