//

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irma Putriyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pedagogical Content Knowledge (PCK) sangat dibutuhkan oleh guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan pemahaman yang benar terhadap suatu materi pembelajaran. Dalam pembelajaran operasi hitung aljabar, siswa sering mengalami miskonsepsi. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memiliki PCK yang baik agar dapat mengatasi miskonsepsi-miskonsepsi siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PCK guru matematika dalam mengatasi miskonsepsi siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII-6 di salah satu MTs di Banda Aceh dan seorang guru matematika yang mengajar di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes diagnostik terhadap siswa, wawancara terhadap guru, observasi kegiatan guru dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa lebih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dari pada siswa yang tidak mengalami miskonsepsi. Strategi yang dipilih guru untuk mengatasi miskonsepsi tersebut adalah menjelaskan kembali materi operasi hitung bentuk aljabar. Melalui kegiatan guru dalam mengatasi miskonsepsi siswa diketahui indikator-indikator setiap komponen PCK yang diterapkan guru. Pada komponen pemahaman tentang materi, enam dari tujuh indikator sudah diterapkan guru. Pada komponen pengetahuan tentang bahan dan strategi pembelajaran, hanya tiga dari tujuh indikator yang sudah diterapkan guru. Pada komponen pengetahuan tentang tujuan dan konteks pembelajaran, enam dari tujuh indikator yang diterapkan guru. Sedangkan pada komponen pengetahuan tentang pemahaman siswa, enam dari tujuh indikator sudah diterapkan guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR (Fauza Usni, 2016)

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM MENGAJARKAN BILANGAN DESIMAL DI SEKOLAH DASAR (Fitriadi, 2016)

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU DALAM MENCEGAH KESALAHAN-KESALAHAN ALJABAR PADA SISWA SMP (DAZRULLISA, 2016)

NOTICING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI OPERASI ALJABAR (Desy, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy