//

STUDI INTEGRASI DISTRIBUTED GENERATION PADA SALURAN DISTRIBUSI PLN DI KRUENG RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Renno Kamal Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Distributed generation/pembangkit tersebar merupakan pembangkit alternatif yang tersebar untuk memenuhi kebutuhan listrik. Perkembangan distributed generation terus mengalami peningkatan di Indonesia. Perkembangan distributed generation bertujuan untuk memperbaiki rugi-rugi, profil tegangan, dan kualitas daya yang baik terhadap sistem jaringan distribusi PLN yang penginstalasiannya dekat dengan beban. Pembangkit yang digunakan sebagai distributed generation adalah PLTH (PLTS&PLTB) yang berkapasitas 250 kW yang terletak di Krueng Raya, Aceh. Penelitian yang dibahas pada tugas akhir ini yaitu bagaimana pengaruh distributed generation terhadap sistem jaringan PLN di daerah Krueng Raya. Simulasi ini menganalisis profil tegangan dan rugi-rugi saluran. Simulasi yang dilakukan menggunakan simulasi ETAP yang menggunakan metode aliran daya fastdecoupled. Hasil yang didapat ialah dapat menaikkan profil tegangan sebesar 0.148 kV dan mengurangi rugi-rugi saluran sebesar 57% dari sebelumya. Melalui simulasi ini, dapat meningkatkan dampak positif terhadap sistem distribusi PLN setelah pemasangan distributed generation di penyulang Krueng Raya. Kata kuci: Distributed generation, sistem distribusi, PLTH

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI PEMANFAATAN DISTRIBUTED GENERATION (DG) PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV DENGAN ETAP 7.0.0 DI PT.PLN (PERSERO) RANTING KUTACANE (Saddam Rijal Kasmi, 2015)

ANALISIS PEMANFAATAN DISTRIBUTED GENERATION (PLTMH) UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR DI PLTD AYANGAN (Fakhrul Rozi, 2016)

ANALISIS DAMPAK DISTRIBUTED GENERATION TERHADAP PERBAIKAN TEGANGAN DAN RUGI-RUGI DAYA PADA SISTEM 20KV DI AREA SIANTAR RAYON TANAH JAWA DENGAN ETAP 7.0.0 (Gilang Wirizkho Romadhona, 2015)

EFISIENSI SALURAN SEKUNDER (EA. 1 KR) DAN SALURAN TERSIER (KA. KN. 3) PADA AREAL TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) DI DAERAH IRIGASI KRUENG ACEH (Afri Fajar, 2013)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DITINJAU DARI TEKNIK PENGOPERASIAN DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR DAN LHOK KRUET, ACEH JAYA (Anggian Prawira, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy