//

PERANCANGAN RANGKAIAN PENGENDALI MOSFET MENGGUNAKAN ARDUINO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Almunadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konverter untuk aplikasi elektronika daya membutuhkan perangkat switching (pensaklaran) untuk dapat melakukan konversi energi listrik dari suatu bentuk ke bentuk lainnya (AC-AC, AC-DC, DC-AC, dan DC-DC). Proses pensaklaran ini menimbulkan rugi-rugi yang tidak dapat dihindari. Untuk meningkatkan efisiensi sistem secara keseluruhan dibutuhkan rangkaian pengendali yang efisien dan efektif. MOSFET adalah salah satu komponen switching yang banyak digunakan untuk pensaklaran konverter dengan frekuensi tinggi. Dengan menjadikan MOSFET sebagai saklar, maka dapat digunakan untuk mengendalikan beban dengan arus yang tinggi dan biaya yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang rangkaian pengendali memanfaatkan Arduino sebagai sumber tegangan bagi gate penyalaan MOSFET. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar duty cycle yang diatur maka akan semakin besar tegangan yang dihasilkan, semakin besar frekuensi switching maka daya yang hilang pada saat switching semakin besar. Daya yang hilang pada saat switching ketika ada transistor pada kaki gate MOSFET lebih kecil yaitu sebesar 900 pW dibandingkan saat ketika tanpa transistor pada saat frekuensi 1 Khz. Efisisiensi terbesar terjadi pada duty cycle 75% dan frekuenai 1 Khz setelah penambahan transistor yaitu sebesar 74%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN SISTEM SUHU OTOMATIS DAN PENGATURAN POSISI TELUR PADA SISTEM PENETAS TELUR BERBASIS ARDUINO (T. Yasar Yulis, 2018)

DESAIN MULTILEVEL INVERTER SATU FASA PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) OFF-GRID BERBASIS MIKROKONTROLER PIC16F877 (aidil azhar, 2014)

PERANCANGAN ALAT PENGENDALIAN MOTOR INDUKSI 3 PHASA (Dedi Rahmat Satria, 2018)

PERANCANGAN NEEDLE PROBE BERBASIS ARDUINO UNO (Ria Afziani Syafira, 2017)

STUDI PERBAIKAN PERFORMANSI MULTILEVEL INVERTER SATU FASA TUJUH TINGKAT DENGAN METODE SPWM MODIFIKASI (Effendi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy